Widget HTML Atas

Terbaru Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 Dibagi Menjadi Dua Gelombang dan Dua Sesi Perhari

Terbaru Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 Dibagi Menjadi Dua Gelombang :

Pandemi virus Corona yang sudah beberapa bulan mewabah di Indonesia memberikan dampak yang luas dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Wabah ini juga berdampak pada pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 dimana UTBK 2020 merupakan untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)  melalui jalur SBMPTN.
Surat Edaran LTMPT terkait perubahan jadwal tes UTBK



Sebelumnya pelaksanaan UTBK dijadwalkan secara serentak akan dilaksanakan pada tanggal 5 - 12 Juli 2020, namun mengingat pandemi COVID 19 tak kunjung meredah, hal ini membuat LTMPT, Kemendikbud, dan pihak terkait untuk merancang kembali beberapa hal terkait pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020.

Pelaksanaan UTBK tahun ini mempunyai perbedaan dengan tahun tahun sebelumnya karena pada tahun ini UTBK dilaksanakan dengan dua gelombang, berikut rangkuman dari surat edaran yang dikutip di laman resmi LTMPT :

Pelaksanaan tes UTBK :
Tahap I   : Tanggal 5 - 14 Juli 2020
Tahap II  : Tanggal 20 - 29 Juli 2020

Teknis pelaksanaan Tes UTBK :

Teknis pelaksanaan UTBK yang pada awalnya ada 4 sesi dalam sehari diganti menjadi 2 sesi dalam sehari, berikut keterangan secara rincinya :


Sesi I : 
Pukul 09:00 - 11:15 waktu setempat
Sesi II :
Pukul 14:00 - 16:15 waktu setempat

Jadi ada jeda antara sesi I dan Sesi II sebanyak 2jam 45 menit yang digunakan untuk melaksanakan protokol kesehatan saat pergantian sesi.


✓ Bagi peserta yang berada ( berdomisili) diluar Provinsi/Kabupaten/Kota dan tidak bisa hadir dilokasi puast UTBK PTN tempat tes yang dikarenakan alasan keselamatan dan kesehatan atau karena pusat UTBk yang belum bisa menyelenggarakan tes UTBK karena satu dan lain hal, maka peserta tersebut bisa mengikuti tes UTBK dilokasi mitra UTBK tambahan daerah setempat. Pusat UTBK PTN berkerja sama dengan SMA,SMK,MA mitra yang memenuhi persyaratan.

✓ Penjadwalan ulang dan relokasi tempat tes akan dilaksanakan oleh LTMPT dan akan diinformasikan kepada semua peserta UTBK SBMPTN melalui saluran informasi resmi.


Dan selanjutnya peserta diminta untuk login kembali keportal LTMPT untuk mencetak kembali Kartu Tanda Peserta baru, dan untuk waktu pencetakan Kartu Tanda Peserta baru akan diinformasikan melalui saluran resmi LTMPT.

No comments for "Terbaru Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 Dibagi Menjadi Dua Gelombang dan Dua Sesi Perhari"