Widget HTML Atas

Terbaru Ayo! Persiapkan Diri Untuk Menjadi Petugas Sesus Penduduk Bulan September 2020 Mendatang

Ayo! Persiapkan Diri Untuk Menjadi Petugas Sesus Penduduk Bulan September 2020 Mendatang



Dikutip dari Kompas.com bahwasanya Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto menjelaskan bahwa akan ada rekrutmen sebanyak 247.000 petugas guna keperluan sensus penduduk pada September 2020 mendatang. 




Pada awalnya rekrutmen ini membutuhkan 400.000 orang, namun karena ada efensiensi anggaran sebesar 43% pada 2020 maka kebutuhan petugas untuk melakukan sensus penduduk bulan September mendatang diperkecil menjadi 247.000 petugas , ungkapnya.


"Jadi mekanismenya, kita akan rektut petugas yang tidak hanya dari BPS. Perlu 247.000 petugas, pegawai BPS hanya 16.000 orang. Jadi akan rekrut petugas lagi," kata Suhariyanto dalam konferensi video di Jakarta, Selasa (2/6/2020).




                  : Cara membuat pupuk organik





Namun untuk para petugas akan dilakukan pelatihan untuk melakukan tugas nantinya, tapi pelatihan ini akan dilakukan secara online.




Adapun teknis pelaksanan kerjanya adalah sebagai berikut : 

1. Petugas  sensus yang bertugas untuk mengecek kembali data penduduk yang telah sensus penduduk online maupun yang belum mengikuti



2. Selanjutnya petugas dalam melakukan kuisioner di laksanakan bersama ketua RT, sehingga dalam sensus ini tidak ada wawancara kepada masyarakat.


"Nanti kuisioner itu diambil kembali. Pelatihannya tidak tatap muka, tapi video conference karena ada efisiensi anggaran. Sekaligus menerapkan protokol kesehatan di masa Covid-19," papar dia.

Adapun program Sensus Penduduk (SP2020) online yang sempat mengalami perpanjangan waktu hingga tanggal 29 Mei 2020 mendapatkan data orang yang melakukan sensus penduduk online sebanayak 51,36 juta warga, jika di persentasi kan sekitar 19,06 persen dari 270 juta penduduk RI.

Kendati demikian menurut Suhariyanto Ketua Badan Pusat (BPS) menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia mempunyai kepedulian terhadap program ini, mengingat program SP online ini pertama kalinya dilaksanakan di Indonesia.

"Maka itu saya ucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia yang sudah berpartisipasi dalam sensus penduduk 2020 online. Terima kasih atas dukungan Bapak/Ibu sekalian," kata Suhariyanto.


Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul "Siap - siap, BPS Bakal Rekrut 247.000 petugas Sensus Penduduk 2020"

No comments for "Terbaru Ayo! Persiapkan Diri Untuk Menjadi Petugas Sesus Penduduk Bulan September 2020 Mendatang"