Widget HTML Atas

Lakukan 6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Work Form Home (WFH)

Cara Menjaga Mata Tetap Sehat Ketika WFH :

Pandemi COVID 19 saat ini merubah merubah pola kehidupan hampir setiap manusia dibelahan dunia, dengan diberlakukannya Work From Home (WFH) yang mengharuskan hampir semua orang bekerja secara online dengan menggunakan monitor atau smartphone, tentu ini akan berisiko tinggi terhadap kesehatan mata. Karena ketika kita terlalu banyak menatap monitor atau smartphone akan merusak penglihatan kita.
Ilustrasi : terlalu sering didepan monitor.


Berikut cara menjaga kesehatan mata saat WFH : 

1. Rutin Memeriksa Mata

Kelihatannya remeh jika kita rutin memeriksakan mata kepada dokter spesialis mata, namun memeriksakan mata sangatlah penting baik bagi anak anak hingga lanjut usia karena dengan rutin memeriksakan mata kita dapat mengetahui permasalahan apa yang dialami oleh penglihatan seseorang, apalagi saat ini aktivitas manusia tidak lepas dari yang namanya monitor atau smartphone.

Untuk anak anak dan usia lanjut disarankan untuk memeriksakan mata dua tahun sekali, sedangkan untuk orang yang berumur 40 tahun disarankan untuk memeriksakan mata satu tahun sekali.

2. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Dari data penelitian makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung beberapa nutris seperti vitamin A,C, dan E, Zine, selenium, Lutein serta asam lemak omega-3 yang dapat membantuk untuk menangkal permasalah mata yang dikarenakan usia seperti katarak dan degenerasi makula. Sumber nutrisi diatas dapat kita peroleh dengan cara mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, salmon, telur, tuna, kacang- kacangan dan jeruk.

3. Tidak merokok

Merokok merupaka suatu kebiasaan yang sering dilakukan oleh kaum pria, merokok selain menyebabkan ganguan jantung yang disebabkan oleh penumpukan plak dipembulu darah dan pelemahan arteri, rokok juga dapat mengganggu kesehatan mata, seperti katarak, degenerasi makula, serta kerusakan saraf optik yang bisa menyebabkan kebutaan dan merusak retina.

4. Tidak Terlalu Lama Menatap Monitor.

Tidak terlalu lama menatap layar komputer atau smartphone karena akan membuat mata lelah, sehingga hal ini akan mengakibatkan gangguan pada mata kita. Adapun gejala mata yang lelah akibat menatap monitor komputer atau smartphone diantaranya sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering dan tegang, sulit fokus menatap kejauhab, hingga pandangan menjadi kabur. Lantas bagaimana jika kita bekerja didapn komputer sepanjang hari?  Untuk mengurangi ketegangan pada mata setiap 20 menit sekali dapat mengalihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik.

5. Rajin olah raga

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa dengan memperbanyak berolahraga akan mengurangi resiko gangguan pada mata yang disebabkan oleh tekan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi dan deabetes. Selain itu kita tidak boleh menganggap sepeleh dengan permaslahan yang timbul pada mata.


6. Kecerahan layar dan jarak layar.

Atur jarak pandang kita terhadap monitor komputer ataupun smartphone serta juga kita perlu mengatur pancaran cahaya pada monitor atau smartphone yang kita gunakan untuk melakukan aktivitas kerja sehari hari.

Karena jika jarak pandang kita terlalu dekat dan pancaran cahaya pada layar terlalu terang akan memberikan resiko yang tinggi dengan kesehatan mata kita.

No comments for "Lakukan 6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Saat Work Form Home (WFH)"