Widget HTML Atas

Cara Mengembangkan Bisnis Denga Metode SWOT


Cara Mengembangkan Bisnis Denga Metode Analisa SWOT: 

Memiliki sebuah bisnis merupakan impian hampir setiap manusia, karena dengan mengembangkan sebuah bisnis seseorang akan bisa mengatur penghasilan perhari/perbulannya. Namun sebelum kita melangkahkan kaki untuk berjalan didunia bisnis sangat penting bagi kita untuk melakukan analisa terlebih dahulu mengenai bisnis yang akan anda tekuni.
Ilustrasi : analisa bisnis

Ada beberapa macam metode untuk melakukan analisa bisnis anda agar bisa berjalan dengan lancar, salah satunya adalah dengan metode analisa SWOT. Apa yang dimaksud dengan SWOT?

SWOT adalah sebuah analisa yang terdiri dari kata strength, weakness, opportunity, threats. Empat komponen ini yang akan menjadi tolak ukur analisa sebuah bisnis anda apakah bisnis tersebut layak dijalankan atau tidaknya. Berikut cara analisa menggunaka SWOT.

1. Strength ( Kekuatan )

Sebelum kita melakukan sebuah usaha atau menjalankan bisnis kita terlebih dahulu melihat kekuatan bisnis yang akan kita bangun, satu contoh misalnya kita akan melakukan bisnis yang memproduksi sebuah produk, dalam melakukan analisa untuk usaha yang berkaitan dengan usaha produksi produk perlu kita perhatikan beberapa analisa sebagai berikut :
✓ Produk : kita perlu mengetahui daya saing produk yang akan kita pasarkan, apakah produk kita mampu bersaing dipasar atau tidak.
✓ Sember daya : selanjutnya kita akan terlebih dahulu mengetahui sumber daya yang mendukung bisnis kita, seperti Sumber daya alam, semberdaya Manusia, dan toko atau tempat pemasaran nantinya.
✓ keuntungan : ini sangat perlu dalam mengetahui kekuatan bisnis yang akan kita jalankan, dengan mengetahu perkiraan keuntungan yang kita dapatkan maka kita dapat mengetahui apakah usaha kita mampu bertahan atau tidaknya.

2. Weakness (Kelemahan)

Weakness adalah sebuah kelemahan yang terdapat pada bisnis yang akan kita jalani, jadi seorang pembisnis harus menghitung juga kelemahan bisnis yang akan dibangunnya karena dengan mengetahui kelemahan pada bisnis kita akan bisa mengantisipasi hal terburuk pada bisnis yang akan kita jalankan. Misalnya kekurangan bisnis yang akan dijalankan biasanya modal yang sedikit, produk yang akan dipasarkan belum banyak dikenal masyarakat luas.

3. Opportunity ( kesempatan)

Dalam menjalankan sebuah bisnis kita harus mampu melihat peluang dan kesempatan yang bisa mendukung bisnis yang akan kita kembangkan nantinya. Seperti melihat persaingan apakah mengalami persaingan yang ketat atau tidak? 

4. threats (ancanman)

Ancaman pasti ada pada bisnis kita, kebanyakan ancaman itu timbulnya dari luar sistem yang kita jalani atau dari luar bisnis kita, salah satu contohnya adalah pesaing bisnis yang menjadi ancaman pertama bagi pembisnis, dan juga ancaman yang berupa kritikan masyarakat juga perlu diperhitungkan.


Pemecahan Masalah Dengan SWOT.


Setelah kita melakukan analisa terkai kekuatan, kelemahan, ancaman, serta kesempatan terhadap bisnis yang akan kita bangun, tentunya akan timbul pertanyaan untuk memperbaiki bisnis anda , diantara pertanyaan yang akan timbul adalah 

✓ bagaimana mengatasi kekurangan pada bisnis anda?
✓ bagaimana mengatasi ancaman pada bisnis yang akan anda jalankan?
✓ langkah apa yang akan anda ambil untuk mempertajam kelebihan bisnis anda
✓ langakah apa yang dilakukan anda untuk mendapatkan peluang sedepat mungkin?

Setelah anda menjawab empat pertanyaan di atas pastinya anda akan tahu bisnis anda akan dibentuk pola seperti apa supaya bisa berjalan dengan maksimal.




No comments for "Cara Mengembangkan Bisnis Denga Metode SWOT "