Widget HTML Atas

Terbaru ! jadwal dan cara pendaftaran UTBK SBMPTN 20

Cara dan Alur Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020

Jalur pendaftaran kuliah Perguruan Tinggi Negeri tergolong menjadi tiga yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN dan MANDIRI. untuk saat ini tersisa dua jalur yang bisa dilalui oleh calon mahasiswa baru agar bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi impian selama ini. Artikel ini akan membahas tentang UTBK-SBMPTN,Ujian Tulis Berbasis Komputer dan Seleksi Bersma Masuk Perguruan Tinggi Negeri SBMPTN beberapa mengalami perubahan jadwal pendaftaran, hal ini dikarenakan penyebaran virus Corona (COVID19) yang sedang melanda Indonesia beberapa bulan terakhir ini. Dikutip dari laman resmi LTMPT sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan per tanggal 06 April 2020 oleh LTMPT bahwasanya pendaftaran akan UTBK-SBMPTN akan dibuka pada tanggal 02 Juni 2020- 20 Juni 2020, sedangkan pelaksanaan UTBK pada tanggal 5-12 Juli 2020 dan hasil kelulusan UTBK - SBMPTN akan diumumkan pada tanggal 20 Juli 2020, berikut ini Surat Edaran LTMPT.


Adapun alur pendaftaran UTBK sebagai berikut :
✓ Peserta Mendaftar UTBK melalui laman portal (SSO)
✓ peserta memilih pusat UTBK di kota masing-masing.
✓ bagi peserta yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Berbayar, lakukan tahapan berikut : 
   1. Pastikan siswa sudah memiliki Nomor pendaftaran KIP kuliah, jika belum siswa terlebih dahulu mendaftar KIP Kuliah melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
   2. Mengisi Nomor pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).
Alur pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020





✓ mencetak Slip Pembayaran untuk membayar biaya mengikuti UTBK-SBMPTN.

✓ peserta melakukan Pembayaran melalui Tiga  Bank Mitra  UTBK - SBMPTN yaitu Bank BTN, Bank Mandiri, dan BNI ( jika peserta memiliki nomor pendaftaran KIP kuliah dan ada bebas flag bebas bayar biaya UTBK, maka akan langsung mendapat nomor peserta, Berikut ini cara melakukan pembayaran UTBK SBMPTN 2020 klik disini.
✓ Setelah melakukan pembayaran biaya mengikuti UTBK-SBMPTN, siswa harus login kembali menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman resmi portal.ltmpt.ac.id guna menuntaskan proses pendaftaran UTBK-SBMPTN.
✓ memilih paling banyak dua jurusan dari PTN yang berbeda maupun PTN yang sama.
✓ mengunggah portofolio bagi yang siswa yang pilian jurusannya mewajibkan untuk mengunggah portofolio.
✓ melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen.
✓ mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN untuk dibawah pada saat UTBK dilaksanakan.

Adapun materi Yanga akan diujikan pada saat UTBK adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) dimana tes ini mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan disekolah formal khususnya perguruan tinggi. Secara umum TPS meliputi penalaran Umum, kemampuan kuantitatif, serta memahami bacaan dan menulis.


No comments for "Terbaru ! jadwal dan cara pendaftaran UTBK SBMPTN 20"