Widget HTML Atas

Kemendikbud Tegaskan Tahun Ajaran Baru Tanggal 13 Juli 2020 Berikut Alasan dan Penjelasnnya.

Tahun Ajaran Baru Tetap Dibuka Tanggal 13 Juli 2020 :


Dikutip dari kompas.com: Walaupun ditengah kekhawatiran pandemi COVID 19 yang sedang melandah Indonesia tidak merubah jadwal Tahun Ajaran baru yang telah ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang telah menjadwalkan Tahun Ajaran baru pada tanggal 13 Juli 2020.

Hamid Muhammad melalui rilis resmi selaku Plt. Dirjen PAUD Dikdasmen kembali menegaskan terkait Jadwal Tahun Ajaran baru yang akan dimulai tanggal 13 Juli 2020 seusai dengan kalender Pendidikan yang telah ditetapkan. Selain itu beliau juga menyampaikan mengingat saat tengah terjadi pandemi COVID 19 tahun ajaran baru tidak sama dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di sekolah.

"Secara garis besar tanggal 13 Juli itu semuanya (tahun ajaran baru). Tanggal dimulainya ajaran baru, itu berbeda dengan kegiatan belajar mengajar tatap muka. Ini kadang-kadang rancu.Tahun Ajaran jadi (dianggap) membuka sekolah. Tanggal 13 Juli, itu dimulainya tahun ajaran baru 2020/2021," jelas Hamid.

Adapun metode pelaksanaan belajar dari rumah bisa dilaksanakan dengan cara pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan dua cara yaitu PJJ daring (dalam jaringan) atau PJJ luring (Luar Jaringan).


Mengapa Tahun Ajaran Baru Tidak Diundur?

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  menegaskan tahun ajaran baru 2020/2021 akan tetap dimulai pada tanggal 13 Juli 2020.

Plt. Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad. "Kenapa Juli? Memang kalender pendidikan kita dimulai minggu ketiga bulan Juli dan berakhir Juni. Itu setiap tahun begitu," kata Hamid dalam telekonferensi di Jakarta, Kamis (28/5/2020). 

Dengan adanya penerimaan peserta Didik baru (PPDB) merupakan tanda bahwa Tahun Ajaran 2020/2021 tidak mengalami pengunduran jadwal, selain itu jika tahun ajaran baru di mundurkan tentunya ada beberapa hal yang harus disinkronkan.


Hamid menambahkan, fleksibilitas jadwal  tahun ajaran baru diserahkan kepada pemerintah daerah. Jadwal dimulainya bisa lebih cepat atau lambat dari tanggal 13 Juli 2020 tergantung setiap provinsi.

No comments for "Kemendikbud Tegaskan Tahun Ajaran Baru Tanggal 13 Juli 2020 Berikut Alasan dan Penjelasnnya."