Widget HTML Atas

Kemen PPPA Usulkan Hilangkan Jam Istirahat dan Mengurangi Jam Belajar Menjadi 4 Jam

Kemen PPPA Usulkan Hilangkan Jam Istirahat dan Mengurangi Jam Belajar Menjadi 4 Jam:


Dikutip dari kompas.com Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) dalam perumusan protokol New Normal di sekolah mengusulkan untuk menghilangka jam Istirahat di sekolah dan mengurangi jam belajar tatap muka menjadi 4 jam.
Back to school
 (New Normal)

Hal ini senada dengan ungkapan Ciputa Eka Purwianti, Asisten  Deputi Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat dan Pornografi Kemen PPPA dalam webinar "Namun yang sedang kami rekomendasikan adalah menghilangkan jam istirahat dan memperpendek jam pelajaran, yang sedang didiskusikan masuk 4 jam sehari tanpa jam Istirahat, Ungkapnya Kamis (28/5/2020).

Tentunya hal ini dimaksudkan untuk mencegah kepadatan peserta didik saat masuk dan keluar sekolah secara bersamaan. Tidak hanya itu ada rekomendasi lain yakni jam masuk dan pulang setiap kelas diberlakukan berbeda beda supaya menghindari kerumunan anak-anak saat tiba dan akan pulang di gerbang sekolah.

Beliau mencontohkan Australia yang mulai menyekolahkan siswa - siswinya yang tidak membuka semua kelas untuk langsung kembali bersekolah. "Mereka hanya dua kelas dulu untuk uji coba, termasuk menyiapkan siswa, guru, tenaga pendidik dengan new normal ini," kata dia.

Beliau juga menambahkan kalau di Indonesia bisa di siasati dengan memberikan jeda masuk satu jam antar kelas. " Kalau di indonesia saya pikir bisa disiasati dengan diberi jeda masuknya, satu jam. Jadi masuk dan pulang tidak bersamaan sehingga tidak bertumpuk saat keluar masuk gerbang," ungkap beliau.

Terkait fasilitas untuk mencuci tangan dan sabun, sekolah diminta untuk memperbanyak untuk mencegah antrian dan menumpuknya siswa saat mau mencuci tangan. 

Artikel ini sudah di muat kompas.com denga judul " Rekomendasi New Normal di Sekolah : Hilangkan Jam Istirahat dan Belajar Hanya 4 Jam ".

No comments for "Kemen PPPA Usulkan Hilangkan Jam Istirahat dan Mengurangi Jam Belajar Menjadi 4 Jam"