Widget HTML Atas

Baru ! Poin Penting Yang Harus Diperhatikan Oleh Para peserta yang Mau Daftar UTBK- SBMPTN 2020

Perhatikanlah Poin Penting yang Wajib Diperhatikan Oleh Peserta Tes UTBK SBMPTN 2020:

Hari ini Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengadakan talkshow Sosialisasi Prosedur Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 live yang tayang diakun YouTube LTMPT Official, dalam talkshow yang diadakan oleh LTMPT dihadiri oleh ketua LTMPT Prof. Dr. Muhammad Nasih  secara online ( Daring).



Dalam kesempatan Prof. Dr. Muhammad Nasih menjelaskan terkait dilaksanakannya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020 dimana pelaksanan UTBK-SBMPTN tahun ini mempunyai perbedaan denga tahun - tahun kemaren, jelasnya.

UTBK tahun ini dilaksanakan padaasa pandemi COVID 19. Tentunya pelaksanaanya juga berbeda, diantara perbedaannya dengan tahun kemaren adalah UTBK tahun ini hanya dilaksanakan sekalai saja.

" Sekarang kita dihadapkan pada situasi tidak normal. Karena itu berbagai macam proses kita lakukan penyesuaian," ujar Prof. Dr. Muhammad Nasih.

Sementara itu Prof.Dr.Budi Prasetyo W selaku Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT menjelaskan teknis pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun 2020 dimana peserta dalam mengikuti tes hanya diizinkan meksimal mengambil 1 kali tes. Prof Budi juga menjelaskan pelaksanaan tes diadakan 4 sesi setiap hari, kecuali hari Jum'at yang hanaya diadakan 2 sesi tes saja. Selain itu pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan secara bersama.

Selain hal yang telah disebutkan diatas ada 11 hal penting menurut Prof. Dr. Budi Prasetyo W yang harus diperhatikan calon mahasiswa.

Berikut 11 poin penting yang harus diperhatikan calon mahasiswa peserta UTBK - SBMPTN 2020 :

1. Peserta yang berhak mendaftar UTBK-SBMPTN hanya yang memiliki akun LTMPT.
2.Pendaftaran melalui laman Portal (SSO).
3. Peserta disarankan mengikuti tes di pusat UTBK kota masing-masing. Jadi, pihaknya akan menjamin tes dimanapun sama. Kecuali, jika ada yang pulang kampung karena COVID - 19, maka bisa ikut di lokasi terdekat.
4. Ketelitian dan kehati hatian peserta sebelum melakukan finalisasi, karena Peserta hanya diijinkan mendaftar dan mengikuti UTBK 1 kali.
5. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 dilakukan bersamaan, peserta memilih PTN dan Prodi belum mengetahui hasil nilai UTBK.
6. Pendaftaran UTBK - SBMPTN 2020 menfasilitasi pendaftaran 85 Universitas dan Institut (SN-SB) dan 8 politeknik
7. Pemilihan prodi di Universitas-Institut (85 anggota SN-SB) tidak boleh lintas dengan Poltek.
✓ Pilihan 1 prodi anggota SN-SB (Non Poltek), pilihan 2 prodi anggota SN-SB (Non Poltek).
✓ Pilihan 1 prodi Poltek, pilihan 2 prodi Poltek.

8. Pilihan prodi sesuai persyaratan jurusan SMTA yang ditetapkan PTN (lihat laman https:// ltmpt.ac.id).
9. biaya yang harus dibayar oleh peserta  UTBK sebagai syarat pendaftaran SBMPTN sebesar Rp 150.000 karena dalam masa Covid-19. Sedangakan untuk peserta  yang memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah bebas bayar biaya UTBK (gratis)

10. Peserta mengunggah portofolio (jika disyaratkan oleh program studi pilihan).

11. Peserta yang telah melakukan konfirmasi dan simpan permanen, dapat mengunduh kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN, tidak dapat diubah dengan alasan apapun.

Jika semua data telah di simpan permanin Pilahan jurusan tidak bisa dirubah kembali, bagi kalian para calon mahasiswa dalam memilih jurusan di UTBK SBMPTN harus disesuaikan dengan bakat dan kemampuan masing masing peserta UTBK- SBMPTN karena jika setelah disimpan permanen peserta tidak bisa merubah kembali jurus yang sudah dipilihnya.