Widget HTML Atas

17 April 2020 : Tips Lolos SBMPTN 2020 Tanpa Ikut Bimbel

17/April/2020 Tips Lolos SBMPTN Tanpa Ikut Bimbel Bagaiman Caranya?

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan opsi kedua untuk bisak masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Setelah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), utntuk tahun 2020 pengumuman SNMPTN sudah selesai bulan kemaren, dan bagi teman - teman yang tidak lulus bisa mengikuti SBMPTN untuk bisa masuk ke PTN yang diimpikan.

Ilustrasi SBMPTN 




SBMPTN merupakan tempat para calon mahasiswa bersaing untuk masuk di PTN seluruh Indonesia, bahkan SBMPTN bisa dikatakan sebuah momok yang mengerikan setalah menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang menjadi penentu para siswa lulus atau tidaknya dari sekolah tersebut.

Para pejuang SBMPTN 2020, kita akan berbagi tips lulus SBMPTN tanpa mengikuti Bimbel. Berikut ini tips tersebut :

1. Belajar Soal Soal tahun Lalu.

Tips yang harus dilakukan adalah mempelajari soal soal SBMPTN tahun sebelumnya, kalau bisa sih pelajari soal SBMPTN tahun 2019,2018,dan 2017. Kenapa harus demikian? Karena karakter soalnya tidak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya jadi semakin banyak refrensi maka semakin banyak model soal yang akan kamu pahami.

2. Pahami Konsep Soal.

SBMPTN bukan Ujian Nasional yang pernah kalian hadapi, di SBMPTN kalaian akan bersaing dengan ribuan orang yang ingin masuk di PTN yang kalian impikan, persiapan yang matang di SBMPTN sangat dibutuhkan, makanya ditips pertama harus mempelajari soal SBMPTN sebelumnya. Mempelajari soal SBMPTN tidak bisa kalian hafalkan sebagai mana metode yang pernah kalian lakukan sebelumnya di SMA. Kalian harus memahami konsep dan karakter soal, semakin banyak kalian berlatih dengan karakter soal yang berbeda maka semakin yakinlah kalian lolos SBMPTN 2020.

3. Atur Jadwal Belajar dan pasang target

Buatlah jadwal belajar yang teratur untuk menghadapi SBMPTN buatlah skedul untuk belajar Soal SBMPTN di tahun tahun sebelumnya. Dan berilah target untuk bisa memahami karakter soal yang kalian pelajari.

4. Pastikan Kalian Sudah Dafatar UTBK.

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. Keunggulan pelaksanaan UTBK oleh LTMPT adalah hasil tes diberikan secara individu. UTBK 2020 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020. UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN).
Sejak tahun 2019, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Oleh karena itu, informasi mengenai UTBK menjadi bagian yang tidak terpisah dari SBMPTN. Untuk cara daftar UTBK Klik disini

5. Pahami Diri

Kita harus memahami diri kita sendiri terlebih dahulu Sebulu ikut ujian di SBMPTN 2020, kenapa demikian? Karena dengan memahami diri sendiri, kalian akan bisa mengevaluasi kekurangan dari diri kalian masing masing, sehingga kalian bisa menanggulangi kekurang diri kalian sebelum ikut ujia SBMPTN.

6. Ikut Try out

Ini sangat penting untuk mengukur kemampuan dan hasil metode belajar yang telah kamu jalani selama persiapan menuju ujian SBMPTN nantinya, dari hasil try out ini kalian juga bisa melihat kemampuan kalian dibidang akademik. Sehingga kalian akan lebih semangat lagi untuk belajar.

7. Sharing dan do'a

Perbanyaklah berbagi dengan sesam pejuang SBMPTN disitu kalian bisa saling berbagi materi,soal soal SBMPTN dan juga sering - seringlah kalian sharing dengan kakak kelas kalian yang sukses di SBMPTN tahun sebelumnya. Dan ingat perjuangan tanpa disertai do'a akan sia sia, jadi kalian harus juga rajin berdo'a semoga usaha yang telah kalian lakukan membuahkan hasil yang sesuai dengan harapan kalian semua.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian Semua kalian bisa lolos SBMPTN 2020 dan terus ikuti artikel terbaru Mapel Aulaku.com