Widget HTML Atas

Teknis Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas yang Ditentukan oleh Kemendikbud Selama Wabah Covid19

Teknis Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas yang Ditentukan oleh Kemendikbud Selama Wabah Covid19 : Kebijakan Ujian Kenaikan kelas yang akan dilaksanakan selama wabah covid19 telah disusun oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), ditegaskan oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadim Makarim , terkait pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) bisa dilakukan sendiri oleh sekolah dengan bentuk tes tanpa harus mengumpulkan siswa.



Adapun teknis pelaksanaan UAS dibebaskan sesuai Kemampuan dari sekolah masing masing. Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kemendikbud, mengenai kenaikan kelas diarahkan untuk kenaikan kelas bisa dilakukan dalam bentuk portofolio terkait nilai rapot dan prestasi sebelumnya yang pernah dicapai oleh siswa.

Selain itu, sekolah juga diperbolehkan untuk memberikan materi secara online atau ujian secara online. Atupun dengan bentuk asesmen yang lainnya juga diperbolehkan asalkan tidak bertatap muka secara langsung, asalkan bisa mendorong aktivitas belajar yang bermakna. Dalam pelaksanaan ujian harus menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi. Dimana saat ini pendidikan tidak seefektif belajar mengajar seperti didalam kelas, sehingga ujian diberikan tidak harus mengukur ketuntasan kurikulum yang telah disusun.
Pembelajaran. Daring ini berlaku selama darurat covid19, dalam pembelajaran tidak terlalu terfokus kepada penguasaan materi namun edukasi yang membangun pengetahuan siswa juga diperbolehkan asalkan kualitas dan esensinya baik.