Widget HTML Atas

Sensus Penduduk 2020 diperpanjang, berikut ini cara mengisi data sensus penduduk 2020

Sensus Penduduk 2020 diperpanjang :
COVID19 sangat berdampak pada kesatbilitas suatu Negara tidak hanya dibidang Perekonomian saja, tetapi wabah ini berdampak kesemua program kerja dari berbagai lini instansi pemerintah, salah satunya adalah Badan Pusat Statistik (BPS) yang mengeluarkan kebijakan untuk memperpanjang masa pengisian Sensus Penduduk Online atau SP2020, kegiatan ini diperpanjang hingga 29 Mei 2020. 





Sejak dibukanya program ini tanggal Pada15 Februari 2020 hingga per 31 Maret 2020 data sensus penduduk secara online yang masuk ke BPS sebanyak 32,4 juta penduduk atau 12,5% dari jumlah total penduduk. Sensus penduduk online sangat mempermudah masyarakat untuk melakukan mengisi data tanpa harus bertatap muka dengan petugas dari BPS, sehingga sensus penduduk online ini juga ikut mensukseskan kebijakan pemerintah terkait pencegahan penyebaran COVID19 yaitu Sosial Distence. Masyarakat bisa berpartisipasi di sensus pendudu 2020 hanya membutuhkan nomor KTP dan KK, selanjutkan akan diajukan beberapa pertanyaan kepada masyarakat yang melakukan sensu penduduk 2020 secara online.


Cara mengisi Sensus Penduduk Online.
1. silahkan akses laman  sensus.bps.go.idhttps://sensus.bps.go.id/login 2020, kemudian login.
2. Kemudian Pilih bahasa lalu kemudian masukkan NIK dan KK.
3. Isikan kode yang ada dibawah nomor KK kemudian klik "cek Keberadaan"
4. Kemudian buat kata sandi, namun sebelum membuat kata sandi kita akan diberi keamanan, selanjutnya klik "Buat Password" untuk keamanan data yang sudah dimasukkan.
5. Kemudian masukkan kata sandi dan klik "Masuk"
6. Sebelum memulai pengisian online silahkan baca terlebih dahulu panduan awal.setelah itu langsung klik "mulai mengisi"
7. Jawablah pertanyaan yang diajukan didalam sistem . Setelah menjawab pertanyaan diperiksa terlebih dahulu data anggota keluarga yang sudah di update, kemudian klik "kirim"
8. Unduh bukti pengisian data dan anda bisa menyudahi pengisian Sensus penduduk online 2020.

Perlu diperhatikan bahwasanya bahwa BPS tidak pernah mengeluarkan aplikasi Online, bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi sensus penduduk online hanya bisa melalui laman http://sensus.bps.go.id dalam sensus ini bisa dikatakan sangat praktis dan singkat karena setiap anggota keluarga hanya membutuhka 5 menit untuk input data secara online.

Semoga artikel ini bermanfaat ayo kita sukseskan sensus penduduk 2020 ini.