Widget HTML Atas

Rencana Kemendikbud Berikan Gelar D2 Bagi Lulusan SMK Yang bekerja sama dengan Politeknik

  Berikan Gelar D2 Bagi Lulusan SMK Tertentu:
Pemberian gelar Diploma 2 ( D2 ) kepada lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun ajaran 2020/2021 merupakan sebuah rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
Direktur SMK Kemendikbud memaparkan bahwa pemberian gelar bagi Siswa-Siswi SMK yang melakukan masa pendidikannya selama empat tahun.Sebelumnya sudah ada SMK empat tahun yang dibimbingan Kemendikbud akan tetapi belum ada pengakuannya, sehingga dua tahun ini Kemendikbud mengembangkan SMK program empat tahun.





Program SMK empat tahun hanya bisa dilaksanakan oleh SMK yang bekerja sama dengan Industri dan siswa siswi SMK tersebut bisa memilih SMK tiga tahu atau empat tahun tergantung dari keinginan siswa dan siswinya. Dan untuk siswa - siswi diperbolehkan peraktek lapang selama satu tahun. Tapi sangat disayangkan siswa yang ikut program empat tahun hanya mendapatkan gelar lulusan SMK, itu artinya sama dengan siswa yang sekolah tiga tahun.

Mengenai pemberian gelas D2 hanya bisa diberikan kepada SMK yang bekerja sama dengan Politeknik yang membuka program D4 MEMES, yang dimaksud dengan program D4 MEMES adalaha lulusan politekni tersebut mendapat gelar S1 terapan, S2 terapan dan S3 terapan. Sehingga politeknik D4 MEMES bisa mengeluarkan ijazah D3 dan D2.

Kemendikbud mengharapkan SMK bisa fokus terhap pengembang Sumber Daya Manusia (SDM). Baik kualitas pengajar dan keahlian siswa sesuai jurusan masing masing yang sesuai dengan kebutuhan Industri kedepannya.
Dikutip dari CNN Indonesia.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca, terus ikuti informasi terupdate dari mapel aulaku.com