Widget HTML Atas

Lima Strategi Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Dalam Upaya Memperbaiki Peringkat Pendidikan di PISA

Upaya Memperbaiki Peringkat Pendidikan di PISA:
Berdasarkan hasil survei tahun 2018 Indonesia di Program For Internasional Student Assessment (PISA) berada diperingkat paling bawah. program For Internasional Student Assessment (PISA) sebuah wadah penelitian yang berbasis Internasional sebagai indikator dalam mengukur kompetensi siswa Indonesia untuk tingkat Global.



Untuk penilaian minat membaca di Indonesia berada diurutan 72 dari 77 negara. Dalam bidang ilmu matematika berada di peringkat 72 Dari 78 negara. Dan untuk bidang sains indonesia berada di urutan 70 dari 78 negara. Hal ini menunjukkan tidak adanya perkembangan selama 10-15 tahun terakhir ini.

Untuk memperbaiki peringkat PISA, Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyiapkan lima strategi pendidikan untuk menyukseskan pembelajaran yang holistik untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) menuju Indonesia yang unggul sesuai dengan anjuran Presiden.

Berikut ini beberap strategi yang akan diterapkan oleh Kemendikbud :

1. Kepala Sekolah dipilih dari guru yang terbaik. 

Dalam rangka mendukung strategi ini Kemendikbud nantinya akan mengembangka marketplace bantuan oprasional secar online. mendukung penerapan strategi ini, Kemendikbud akan mengembangkan marketplace bantuan operasional sekolah (BOS) online.

2. Mencetak generasi guru "baru"



Untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas maka membutuhkan guru yang mumpuni. Kemendikbud Dalam rangka meningkatkan kompetensi untuk guru akan melaksanakan Pendidikan  Profesi Guru (PPG) seabgai alat transformasi demi mengahsilkan generasi guru baru.




3. Menyederhanakan kurikulum


Guru dianjurkan untuk mengajar  sesuai dengan kemampuan siswa. Penyederhanaan kurikulum yang fleksibel dan berorientasi pada kompetensi untuk mencapai tujuan dari strategi ini. Selain itu personalisasi dan segmentasi pembelajaran berkala juga akan dilakukan berdasarkan assessmen berkala.

4. AKM sebagai pengganti Ujian Nasional

Untuk mengukur kinerja sekolah berdasarkan literasi dan nomerasi siswa menggunakan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adaseperti PISA, Trends In International Mathematics and science Study ( TIMSS).

5. platform Teknologi pendidikan berbasi Online
Ratusan organisasi penggerak untuk pendampingan guru - guru disekolah penggerak akan terus didorong oleh Kemendikbud, selain itu akan digunakan juga platform Teknologi pendidikan berbasi mobile dan bekerja sama dengan perusahaan teknologi pendidikan kelas dunia.
(Dikutip dari kompas.com)

Itulah lima strategi yang akan diterapkan menteri pendidikan dan kebudayaan dalam memperbaiki peringkat PISA. Semoga artikel ini beanfaat terus ikut artikel terupdate dari mapel aulaku.com