Widget HTML Atas

Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Terhadap Guru Honorer Yang Belum Punya NUPTK Bisa Terima Gaji Dari Dana BOS

Kebijakan Nadiem Makarim Terhadap Guru Honorer Ditengah Covid 19 :
Dikutip dari kompas.com Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) selama masa pandemi Corona (COVID19)  guru honorer yang belum mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) masih dapat gaji dari dana BOS Reguler.

Kebijakan ini tentunya diambil melihat kondisi mewabahnya pandemi COVID19 yang memberikan dampak guru - guru honorer yang terdampak secara ekonomi dimasa pandemi Corona.
Menurut Nadiem dalam telekonferensi, Rabu (15/4/2020) " sebelumnya pembayaran guru honorer retriksi harus memilik NUPTK dan harus tercatat Dapodik, sekarang kita ubah semasa darurat ini kita lepas NUPTK tapi tetap harus tercatat di Dapodik per 31 Desember 2019.
Kebijakan ini bisa digunakan kepada guru guru honorer dengan kriteria beum mendapatkan tunjangan profesi dan sudah memenuhi beban mengajar.dan beliau mimpertegas bahwabelajar dari rumah dihitung sebagai beban mengajar. Dan apabila dana BOS tersebut masih ada dananya bisa diberikan kepada tenaga pendidik.
Selain itu Kemendikbud mengeluarkan kabijakan terhadap krisis ekonomi serta kesehatan yang disebabkan oleh wabah pandemi COVID19 berikut salah satu kebijakannya yang berkaitan dengan krisis ekonomi,
Jika sebelumnya ada aturan dari Kemendikbud pembiayaan gaji guru melalui dan BOS sebesar 50 persen, namun untuk saat ini batas prosentase pembayaran gaji guru melalui dan BOS sebesar 50 persen ditiadakan, 

Terkait dengan petunjuk teknis (juknis) penggunaan dana BOS Reguler telah diatur  dalam peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 19 tahun 2020 tentang perubahan atas Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 tentang Juknis BOS Reguler.


Ketentuan penggunaan dana BOS Reguler serta BOP PAUD dan Pendidikan Kesetaraan ini berlaku mulai bulan April 2020 sampai dengan dicabutnya penetapan status kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19 oleh pemerintah pusat.



Artikel ini sudah perna tayang di kompas.com denga judul "Wabah Corona, Nadiem: Guru Honorer Belum Punya NUPTK Bisa Terima Dana BOS.



Semoga artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk di share supaya informasi ini bisa menembus ke berbagai lapisan pendidik di negeri ini.