Widget HTML Atas

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Ngemil Agar Tetap Sehat

Ngemil itu sehat: saat ini hampir semua orang melakukan karantina mandiri Selma merebahnya COVID 19, tak jarang dari mereka Yanga melakukan karantina agar tidak bosan mengisi waktu santainya dengan makan makana ringan (ngemil). Ironisnya banyak orang yang menghindari nngmil karena alasan kesehatan dan berat badan takut bertambah.



Aktifitas makan makanan ringan atau ngemil tidaklah termasuk hal yang buruk bagi kesehatan dan badan ideal seseorang, hal ini jika dilakukan denga pola yang lebih sehat. Untuk melakukan ngemil denga pola yang lebih sehat perhatikan hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih makanan ringan (cemilan) :

1. Kalori
Kalori merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh setiap tubuh manusia, sumber kalori bisa kita dapatkan dari makanan yang kita makan salah satunya adalah cemilan. Akan tetapi perlu diketahui terlalu banyak mangasup kalori akan menjadi masalah kesehatan dalam tubuh manusia, seperti meningkatkan kadar kolesterol, meningkatkan resiko stroke, gagal jantung hingga kanker. Asupan yang aman untuk memilih cemilan adalah 100 hingga 200 kalori, kita dapat mengetahui kadar kalori makanan ringan dari informasi komposisinya.

2. Protein
Protein merupakan nutrisi penting yang dapat memelihara fungsi tubuh, Khususnya bagi seseorang yang sering melakukan latihan fisik. Terdapat bermacam jenis cemilan yang mengandung protein tinggi diantaranya kacang-kacangan, biji-bijian, ikan salmon, dan juga telur. 

Camilan yang tinggi protein akan memberikan banyak manfaat, seperti membantu menurunkan berat badan, mengenyangkan perut lebih lama, menjaga kadar gula darah hingga memfasilitasi reaksi kimia di dalam tubuh.

3. Gula
Kadar gula dalam cemilan yang akan kita makan sangat penting diperhatikan kadarnya bagi kita, saat kita mau membelih cemilah beli cemilan dengan korbohidrat yang rendah, hal ini sangat berpengaruh terhadap kadar gula dalam tubuh kita , karena karbohidrat yang masuk kedalam akan mengalami proses kimiawi yang akan mengubah karbohidrat menjadi glukosa atau kadar gula darah seseorang, maka pilihlah makanan yang mempunyai kadar gula rendah karena jika kebanyakan kadar gula akan merdamak pada kesehatan diantaranya diabetes hingga obesitas.

4. Lemak
Hindari makanan atau cemilan yang mengandung lemak trans karena lemak trans juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke hingga memperburuk penyakit diabetes tipe 2. lemak trans merupakan salah satu jenis lemak jenuh. Lemak tersebut dapat secara alami dibentuk dari makanan yang terbuat dari produk hewani.
Sebagai gantinya, kita dapat memilih camilan yang mengandung lemak tak jenuh. Jenis lemak tersebut justru bagus untuk kesehatan tubuh.

5. Cerdas dalam memilih cemilan.
Selain memperhatikan kandungan yang ada dalam makanan ringan yang akan kita makan, hal yang terpenting kurang harus cerdas dalam memilih cemilan. Misalnya mengatur asupan kalori, gula, lemak dan protein. 


Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita, jangan takut ngemil dan badan tidak ideal lagi, karena mapel aulaku.com sudah berbagi tips agar tetap sehat dan berat badan tetap ideal.