Widget HTML Atas

Cara Bayar Pajak Kendaraan Menggunaka Aplikasi Samolnas Untuk Mencegah Covid19

Cara Bayar Pajak Kendaraan Menggunaka Aplikasi Samolnas Untuk Mencegah Covid19 :
pembayar pajak kendaraan Bermoto adalah kewajiban bagi warga yang mempunyai kendaraan untuk membayar pajak setiap tahunnya, selama ini pembayaran pajak kendaraan bermotor harus datang ke Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT), hal ini merupakan sesuatu yang sulit bagi masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor mengingat hari ini lagi gempar gemparnya penyebaran virus corona(covid19) apalagi sekarang diterapkan sosial distance, tentunya ini menjadi masalah besar bagi warga yang wajib pajak kendaraan bermotor. Namun jangan khawatir karena saat ini pembayaran pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan secara online dari rumah dengan melalui aplikasi Samolnas

Apa itu Samolnas?







Mabes polri mempunyai aplikasi khusus yaitu Samolnas yang merupakan singkatan dari Samsat Online Nasional,  aplikasi ini bermaksud untuk mempermudah para wajib pajak kendaraan bermotor untuk melakukan pembayaran pajak tanpa harus datang ke kantor SAMSAT. Aplikasi yang di rilis sejak September 2019 dan saat ini sangat membantu warga untuk membayar pajak tanpa harus keluar rumah, sehingga aplikasi ini membantu untuk mencegah penularan COVID 19.

Semenjak meluasnya penyebaran COVID19 di Indonesia kegiatan pembayaran pajak untuk kendaraan bermotor di kantor Samsat sudah dibatasi. Dan perlu diketahui bahwa Polri saat ini resmi membebaskan denda pajak kendaraan bermotor selama Wabah covid19, hal ini berlaku hingga 29 Mei 2020.

Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play store untuk Android, aplikasi samolnas ini hanya bisa digunakan untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor dan terlambat bayar pajak kendaraan bermotor minimal satu tahun. Sedangkan untuk balik nama aplikasi ini belum bisa digunakan.

Bagaimana pengoperasiannya aplikasi ini?
Untuk pengoperasian aplikasi ini cukup lumayan gampang, setelah sahabat mengunduh aplikasi ini langka selanjutnya adalah melakukan proses pendaftaran pada menu pendaftaran diaplikasi, dimana para pengguna aplikasi ini diminta untuk memasukkan data sesuai Identitas asli, seperti nopol Kendaraan, NIK sesuai KTP, Lima digit terkhir nomor rangka, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
Selanjutnya pengguna akan diberi kode bayar yang dilakukan melalui mobile banking atau ATM, dan kode pembayaran berlaku dua jam.Untuk saat ini Samolnas bekerja sama dengan sejumlah bank untuk pembayaran, diantaranya BRI,BNI, Mandiri, BTN, CIMB Niaga, BCA, permata Bank, dan e- commerce Tokopedia. Jadi pengguna tinggal memilih transaksi pembayarannya.


Setelah melakukan transaksi pembayaran secara onlien, Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran ( TBPKP) dan stiker akan pengesahan STNK  dikirim ke alamat pengguna atau pengguna wajib pajak. Sangat dianjurka setelah melakukan pembayaran untuk menghubungi call center samsat, untuk memastikan pengiriman ke alamat pengguna.


Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa mencegah penularan covid19, terus ikuti mapel aulaku.com