Widget HTML Atas

Beberapa Bansos Pemerintah Selama COVID19

Bansos Selama COVID19 :


Pemerintah menerapkan sosial distencing dan Work From Home untuk mencegah dan memutus rantai penularan COVID19 , tentunya hal ini akan berdampak pada bidang ekonomi khusunya terhadap keluarga miskin dan para pekerja informal. Dan tak tanggung beberapa pekerja harus menerima PHK dari tempat kerjanya, ini merupakan dampak dari COVID19 .


Selain itu pemerintah menyerukan kepada masyaran imigran untuk tidak melakukan mudik selama merebahnya wabah COVID19 saat ini. Memngingat beberapa bulan lagi merupakan waktunya mudik yang telah menajadi tradisi masyarakat Indonesia. Untuk menyikapi keadaan tersebut pemerintah memberikan bantuan sosial kepada keluarga miskin dan pekerja informal yang tempat kerjanya terdampak covid19.

Berikut ini beberapa Bantuan Sosial (BANSOS) Yang telah diberikan pemerintah:

1. Program Keluarga Harapan (PKH) untuk 10 Juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sudah kita ketahui bahwasanya ini adalah program kerja pemerintah yang sudah ada sebelum adanya wabah covid19 saat ini. Namun pencairan berbeda dengan sebelumnya, jika sebelumnya dicairkan tiga bulan sekali tapi untuk saat ini bantuan PKH dimulai bulan April - Juni akan dicairkan 2 kali.
2. Program Kartu Sembako untuk 20 Juta penerima. Program ini sebelumnya sebanyak 15,2 juta namun untuk saat ini terdapat penambahan sebanyak 4,8 juta  dengan demikian total anggaran menjadi Rp.43,6 triliun dari sebelumnya Rp. 28,08 triliun.
3. Program Kartu Pra Kerja untuk 5,6 juta peserta dengan total anggaran Rp 20 triliun. 
4. Pemerintah memberikan diskon tarif bagi Pelanggan 450 VA dan 900 VA Subsidi. 
5. Stimulus Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang tujuannya adalah untuk meringankan beban UMKM.
6. Bantuan sosial khusus untuk 2,6 juta jiwa atau 1,2 juta kepala keluarga (KK) warga DKI Jakarta dan 1,6 juta jiwa atau 576 ribu KK warga Bodetabek berupa sembako setara Rp 600.000 per bulan selama tiga bulan.
7. Program keselamatan yang dilaksanakan Polri. Bantuan ini berupa bansos dan pelatihan yang ditujukan untuk pengemudi taksi, sopir bus, truk hingga kernet. 
8. Program bansos dana desa yang ditujukan untuk 10 juta keluarga dengan besaran Rp 600.000 per keluarga selama tiga bulan. Total anggarannya Rp 21 triliun.
9. Percepatan program padat karya tunai yang diharapkan mampu mencetak lapangan kerja.

Artikel ini sudah tayang detik.com denga judul "catat! Ini sederet bansos pemerintah selama darurat corona" https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4972353/catat-ini-sederet-bansos-pemerintah-selama-darurat-corona

Semoga artikel ini bermanfaat, mari kita berpartisipasi untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID19 .