Widget HTML Atas

Pengertian Atom dan Perkembangan Atom Lengkap

Pengertian Atom dan Perkembangan Atom Lengkap- Pengertian Atom :  Secara bahasa atom berasal dari bahasa yunani, yaitu atomos yang terdiri dari dua suku kata yakni a = tidak dan tomos = dibagi. Kalau secara istilah atom adalah particel terkecil yang tidak dapat dibagi atau dipecah lagi.



Dari pertamanya ditemukan konsep atom tersebut membuat para ilmuan mempunyai pandangan yang berbeda terkait mendifinisikan atom, hal ini terjadi dikarenakan para ilmuan mempunyai hasil eksperimen yang berbeda - beda. Ada beberapa ilmuan yang melakukan penemuan teori atom diantaranya Dalton, Thomson, Rutherford, dan Niel Bohr.

Berikut teori atom menurut para ahli :

1. Teori atom Dalton

Sesuai dengan hasil eksperimennya Dalton berpendapat bahwa atom merupakan bagian terkecil dari suatu materi yang tidak dibagi lagi. Terori ini hampir senada denga pengertian Atom secara istilah dan bahasa. Penemuan Dalton mengenai atom dikenal denga teori dalton, namun demikian penemuan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya, berikut kita paparkan kelebihan dan kelemahan dari teori dalton.

a. Kelebihan teori Dalton

  • Dapat menerangkan Hukum Kekekalan massa (Hukum Lavoisier)
  • Dapat menerangkan Hukum perbandingan tetap (Hukum Proust)

b. Kelemahan dari teori atom Dalton

  • Tidak dapat menjelaskan cara atom- atom saling berikatan.
  • Tidak dapat menjelaskan sifat listrik materi.
  • Tidak dapat menjelaskan perbedaan antara atom unsur yang satu dengan unsur yang lain.

2. Teori atom Niels Bohr


Atom adalah sebuah inti yang mengandung muatan elektron positif yang dikelilingi oleh elektron negatif dengan lintasan tertentu. 

a. Kelebihan dari teori atom Niels Bohr

  • Teori atom Bohr dapat meramalkan garis - garis dalam spektrum atau hidrogen.
  • Jika atom - atom pada Medan magnet maka akan timbul garis - garis halus
b. Kelemahan dari teori atom Bohr 
  • Kulit elektron yang mengelilingi inti atom berbentuk ellips dan bukan lingkaran.
  • Bohr berpendapat bahwa elektron hanya sebagai partikel dan gelombang
  • teori Bohr hanya mampu menjelaskan spektrum atom hidrogen, tetapi tidak dapat menjelaskan spektrum atom dengan jumlah elektron lebih banyak.

3. teori Atom Thomson


pada tahun 1897, J.J Thomson melakukan eksperimen dengan tabung sinar katode dan menemukan adanya partikel - partikel yang jauh lebih kecil dari atom dan mengandung muatan listrik negatif. partikel inilah yang kemudian oleh Thomson disebut dengan elektron

Thomson mengemukakan pendapatnya tentang teori atom bahwa atom merupakan bola pejal yang memiliki muatan positif yang menyebar merata dan dinetralkan oleh muatan negatif, dalam mangajukan pendapatnya Thomson mengumpamakan atom tersebut seperti model Roti kismis.

a. kelebihan teori atom Thomson

  • dapat membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif didalam atom
b. kelemahan teori atom Thomson
  • tidak dapat menjelaskan suasana muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut.

Sekian artikel yang dapat kami bahas mengenai atom dan perkembangannya. semoga dengan artikel di atas bermanfaat dan menjadi sebuah ilmu bagi kamu yang belum paham mengenai atom dan perkembangannya.