Widget HTML Atas

Metode pembelajaran di era digital

Metodelogi pembelajaran di era digital :Pendidikan dan perkembangan zaman yang lebih modern tidak bisa dipisahkan, karena perkembangan zaman tidak lepas dari pendidikan, dan perkembangan zaman selalu diimbangi dengan pendidikan yang relevan pada eranya.



Hari ini adalah era digital metode logi pendidikan harus update bentuk penyampaian materi kepada peserta didik, meskipun tidak harus meninggalkan hakekat penyampaian materi yang harus tatap muka dan mengharap ridho seorang guru. Diera digital ini informasi dan ilmu pengetahuan sangat mudah diakses melalui internet. Hampir semua siswa mempunyai hand phone canggih yang berkelas diera digital sehingga perlu siakannya edukasi tentang internet agar tidak salah dalam menggunakan internet di era ini.
Berikut cara pengajaran di era digital:
1. Berilah peserta didik tugas untuk searching di google.
Hal ini akan memberikan edukasi kepada peserta didik dalam memanfaatkan dunia internet dibidang pendidikan, dan juga akan merubah pola kehidupan murid yang awalnya memanfaatkan internet hanya untuk gime, sosial media. Pada saat peserta didik di dalam ruang kelas di wajibkan untuk mempresentasikan dari tugas yang telah diberikan baik secara kelompok ataupun individu sehingga hakekat seorang guru tidak terkalahkan oleh canggihnya zaman.
2. Perintahkan peserta didik untuk mengirim hasil tugasnya melalui email.
Hampir semua peserta didik di era digital ini mempunyai akun email, sehingga peserta didik bisa memahami fungsi lain daripada, karena email bagi mereka hanya digunakan untuk melakukan aktivitas sosial media atau digunakan untuk sebuah gime online saja.
3. Memberikan tugas melalui media sosial
Jika hal ini sering digunakan oleh para pengajar
Secara tidak langsung memberikan edukasi yang sangat penting bagaimana cara memanfaatkan sosial media yang telah ada, sehingga peserta didik tidak hanya menggunakan media sosial untuk hal hal yang tidak penting.
4. Pengajar harus kreatif dalam menyajikan materi.
Pengajar selain memberikan tugas kepada para peserta didik, pengajar juga diharapkan untuk bisa menyajikan materi yang tidak monoton dan membosankan kepada para peserta didik. Sekali kali peserta didik disajikan materi berbentuk video yang berkaitan dengan materi yang akan diberikan, hal ini akan membuat para peserta didik akan lebih mudah memahami sebuah materi pembelajaran. Setelah menyajikan video materi pembelajaran seorang pengajar harus mengulasnya lagi materi yang telah ditampilkan dan dan sekali kali memberikan stimulus untuk berdiskusi dengan peserta didik.

Salam belajar diera digital, semoga artikel ini bermanfaat. Nantikan artikel terbaru kami di aulaku mapel.com