Widget HTML Atas

Konsep Belajar Fisika Agar Cepat Paham Serta Menguasai

Cara gampang menguasai Fisika-diakui atau tidak mata pelajaran fisika menjadi sosok yang menakutkan dan angker bagi sebagian siswa yang memang sulit menerima konsep - konsep yang ditawarkan oleh ilmua fisika. Ilmu fisika yang lebih identik dengan menghitung dan lebih sering bersandingan dengan ilmu matematika atau kalkulus membuat para kaum pelajar. 

Cara gampang menguasai Fisika


Padahal ilmu fisika suatu cabang ilmu yang menyenangkan dan penuh dengan petualangan. Biar kita semua tidak kebingungan dalam memahami ilmu fisika, saya akan mencoba membagi tips agar bisa mudah memahami fisika tanpa menghafal rumus. Berikut ini yang harus kita lakukan :


1. Rubah mindset

Langkah pertama kita harus membuang atau delete kata sulit, susah, dan takut kepada fisika di otak kita. Pada dasarnya semua ilmu itu mudah dipahami, hanya saja pikiran kita yang begitu rumit dalam memandangnya. Jika otak kita banyak kata sulit dan susah terhadap ilmu fisika maka secara tidak langsung kita akan merasa sulit dikenyataannya. Jadi permainan sugesti pada diri kita untuk mengatakan bahwa sulit diganti Gambang akan berdampak positif dalam kehidupan sehari hari.

2. Pahami konsep dasar

Ilmu fisika adalah salah satu ilmu yang menerapkan turunan dari suatu dasar teori, maka seorang pelajar sudah seharusnya memahami konsep dasar maka kita akan lebih mudah lagi untuk memahami konsep materi selanjutnya sebab dari pembahasa pertama sampai ke pembahasan selanjutnya berkesinambungan.

3. Hindari menghafal Rumus.

Kita tak harus menghafal semua rumus yang ada distiap persamaan pembahasan, karena itu akan menjadi penghambat bagi kamu dalam memahami sebuah konse di ilmu fisika.yang tepat adalah bukan menghafal rumus fisika tapi sering mengaplikasikan rumus ke dalam sebuah soal itu yang lebih penting.

4. Perbanyaklah mengerjaka soal.

Ini hampir sama dengan pernyataan nomer 3, cuman saya akan memperjelas saja bahwa semakin kamu banyak belajar dengan berbagai model soal akan membuat kita semakin pintar dan tajam dalam mengingat sebuah rumus yang telah kita pelajari.

5. Belajarlah dengan konsisten


Kalian harus membuat jadwal belajar fisika dalam setiap harinya. Minimal kamu harus menyelesaikan satu soal dengan rumus yang sama dan model soal yang berbeda dari hari sebelumnya.


6. Buatlah buku saku

Kita harus kreatif dalam memenejeman pola belajar kita, usahakan kalian memilki buku saku peribadi yang berisi catatan catatan penting atau rumus - rumus dasar, sehingga kamu bisa mengaplikasikan kepada soal fisika dimana mana tanpa buka literatur yang besar.

Selamat mencoba semoga kalia semua sukses dalam memahami ilmu fisika yang menjadi musuh besar bagi kaum pelajar yang sukar untuk memahaminya.