Widget HTML Atas

Hukum Newton I, II, III Konsep Gaya Dan Rumusnya

Hukum Newton I, II, III Konsep Gaya Dan Rumusnya-Dalam kehidupan sehari hari kita tidak akan lepas dengan namanya gerak. Setiap aktivitas manusia melakukan gerak. Apa sebenarnya yang menyebabkan benda mengalami pergerakan atau bergerak? Apa arti gerak dalam kehidupan sehari hari? Kejadian yang akan kita bahas ini dijelaskan dalam ilmu fisika.

Hukum Newton I, II, III Konsep Gaya Dan Rumusnya


Gerak adalah perpindahan yang dialami oleh suatu benda dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Sedangkan penyebab terjadinya gerak pada suatu benda adalah dengan diperlakukan ya suatu gaya pada benda tersebut. Gaya yang mempengaruhi benda bergerak dapat dibedakan menjadi dua yaitu : gaya dorong dan gaya tarik, dari sini maka timbul lagi apa yang dimaksud dengan gaya?
Gaya adalah besaran yang memiliki arah, atau merupakan besaran vektor yang menyebabkan perubahan gerak pada suatu benda, dalam pelajaran gerak benda dan gaya mempunyai koperasi dengan hukum Newton.

Seorang ilmuan yang mempunyai peran penting dalam mengkaji hubungan gerak dan gaya adalah sir Isaac Newton dimana dalam permasalah ini Newton mencetuskan tiga hukum fisika yaitu hukum Newton I, Hukum Newton II, Dan hukum Newton III. Berikut ini Bunya ketiga Hukum yang dicetuskan Newton

1. Hukum Newton I

Setiap benda akan bergerak lurus beraturan atau diam jika resultan gaya yang bekerja pada benda sama denga nol.


2. Hukum Newton II


Percepatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada sebuah benda berbanding lurus dengan besar gaya itu, dan berbanding terbalik dengan massa benda. Arah percepatan sama dengan arah gaya.

Secara matematis dapat dituliskan :
a = F/m atau F = a . m
Dimana :
m = massa benda (kg)
a   = percepatan benda (m/s)²
F = gaya yang bekerja pada benda ( kg.m/s)²

Satuan hukum Newton adalah Newton (N)

3. Hukum Newton III

Apabila sebuah benda mengerjakan gaya pada benda lain ( sebagai benda lain), maka benda kedua akan mengerjakan gaya pada benda pertama ( sebagai gaya raeksi) yang besarnya sama namun berlawanan arah.

Secara matematis kita dapat tuliskan sebagai berikut :
F aksi = - F reaksi
Contoh hukum Newton III
Ketika seorang berenang, tangan dan kaki mendorong air kebelakang (gaya aksi), dan akibatnya air mendorong kita ke arah depan (gaya reaksi).

Hukum Newton Tidak hanya berlaku disini saja, akan tetapi masih berlaku di pembahasan selanjutnya yang akan diperincih lagi di artikel selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfaat.