Widget HTML Atas

FISIKA SMK XI TKJ DAN NAUTIKA, GELOMBANG BUNYI DAN CONTOH SOAL SERTA PEMBAHASAN SOAL.

1.GELOMBANG BUNYI
terkait dengan materi Gelombang bunyi telah kita paparkan diartikel sebelumnya beserta persamaan dasarnya. Namun kami di bab ini hanya akan menambahi bagian dari bunyi, pada artikel persamaan bunyi sebagai berikut:

Berdasarkan persamaan diatas dapat diperoleh hubungan antara intensitas dan jarak sumber bunyi, sehingga persamaannya sebagai berikut :


Dimana : 
I 1 : intensitas pada keadaan 1 ( W/m²)
I 2 : intensitas pada keadaan 2 ( W/m²)
r 1 : jarak pada keadaan 1 (m)
r 2 : jarak pada keadaan 2 (m)

Tingkat intensitas kekuatan bunyi dapat diartikan sebagai taraf intensitas bunyi yang dinyatakan dalam satuan desibel (dB). Untuk menghitung taraf intensitas suatu bunyi yang berhubungan dengan sumber bunyi sebagai berikut :


Sedangkan untuk menghitung taraf intensitas bunyi berdasarkan jarak sumber bunyi kita bisa menggunakan persamaan berikut : 


Untuk lebih jelasnya mari kita bahas bersama aplikasi persamaan di atas di dalam sebuah soal.

1. Duapuluh sumber bunyi identik yang telah dibunyikan dan menghasilkan taraf intensitas 80 dB maka 100 sumber bunyi identik tersebut yang dibunyikan bersamaan akan menghasilkan taraf intensitas sebesar...?

Jawab
Dari soal:


2. Sebuah ledakan dengan jarak 5 meter dari sumber ledakan terdengar dengan taraf intensitas 50 dB.  Jika pada jarak 40 meter dari sumber ledakan berapakah taraf intensitas bunyi yang terdengar?

Dari soal dapat ditulis :




Soal latihan :
1. Sebuah ledakan dengan jarak 8 meter dan terdengar bunyi dengan taraf intensitas 100 dB. Pada jarak 20 meter dari sumber bunyi ledakan, berapakah taraf intensitasnya....dB

2. Bila taraf intensitas percakapan adalah 60 dB dan bunyi halilintar 100 dB, maka besar kelipatan suara halilintar terhadap suara percakapan adalah n kali, denga n adalah....

3. Sebuah sumber bunyi dengan taraf intensitas 75 dB, jika 100 sumber bunyi dibunyikan secara bersamaan akan mengahsilkan taraf intensitas sebesar....?


Semoga artikel mapel fisika ini bermanfaat bagi pembaca. Terus kunjungi aulaku mapel.com karena masih banyak teori mapel eksak yang akan segera dikeluarkan.