Widget HTML Atas

Fisika kelas XI, Getaran, Gelombang dan macam macam gelombang

1. Pengertian Getaran
Getaran bisa kita artikan sebagai gerak bolak – balik secara periodik dengan melalui titik kesetimbangan nya. Didalam gerak itu terdapat periode (T)  dan frekuensi (f), dimana periode dapat kita artikan sebagai waktu yang diperlukan dalam satu geteran, sedangkan frekueinsi dapat kita artikan jumlah getaran yang terjadi dalam satuan waktu. Kalau kita tuliskan secara matematis .
T = t/N dan f = N/t
Dimana
T = periode (sekon)
t= waktu (sekon)
N = Banyaknya getaran
f = frekuensi (Hertz)
Sedangkan hubungan frekuensi dan periode dapat dituliskan secara matematis sebagai berikut :
f = 1/T atau T= 1/f

Contoh :

1. Sebuah senar gitar bergetar sebanyak 60 kali dan dalam waktu 15 s, maka tentukan
Frekuensinya
Periodenya
Jawab :
Diket  N = 60 geteran
           t   = 15 sekon
           f   =......?
           T = .......?
f  = ( N/t)
   = 60/15
   = 30 Hz
T = (t/N)
   = 15/60
   = 0,25 s

2. Getaran beban pada pegas
Sebuah pegas apabila melakukan getaran akan memiliki periode dan frekuensi.kalau secara matematis hubungan periode dan frekuensi pada pegas dapat di tuliskan sebagai berikut :



T = periode (sekon)
f = frekuensi ( hertz)
K = tetapan gaya (N/m)


3. Pengertian Gelombang




Gelombang adalah sebuah getaran yang merambat melalui media dengan rambatannya membawa energi.tetapi medium yang dilaluinya tidak ikut berpindah atau mengalami perpindahan. Contohnya seperti senar gitar yang dipetik meski bergetar dan membentuk gelombang namun senar tersebut tak berpindah.

A. Jenis jenis gelombang
Secara umum gelombang yang dikenal dalam ilmu fisika ada dua yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.pembagian gelombang ini berdasarkan dengan cara merambatnya suatu gelombang.


  • Pengertian gelombang maknitik
Gelombang mekanik adalah gelombang yeng membutuhkan medium untuk merambat ke tempat lain. Gelombang mekanik dibagi menjadi dua yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Gelombang transversal adalah gelombang mekanik dimana Medan yang dilalui membentuk getaran berbentuk vertikal atau ke atas ke bawah, seperti gelombang tali, dan gelombang air laut.

Berdasarkan gambar diatas titik tertinggi gelombang disebut Puncak sedangkan titik terendah disebut lembah. Dalam gelombang terdapat Amplitudo dimana amplitudo terdiri dari puncak dan lembah atau dengan kata lain amplitudo terdiri dari satu gelombang.jarak antar kedua titik yang sama dinamakan panjang gelombang.

  • Gelombang longitudinal
Selain gelombang transversal ada yang namanya gelombang longitudinal, arah getaran medium yang dilaluinya  sejajar dengan arah rambat gelombang yang terjadi. Perhatikan gambar berikut :


Berdasarkan gambar diatas kita dapat melihat adanya regangan dan rapatan disepanjang rambatan pegas. Rapatan merupakan kumparan yang pegas yang saling mendekat, sedang regangan adalah kumparan pegas yang saling berjauhan. Dengan demikian persamaan gelombang berjalan dapat kita tuliskan sebagai berikut : 


4. Gelombang bunyi
Gelombang bunyi adalah gelombang yang dihasilkan dari sebuah sumber bunyi, secara matematis dapat kita tuliskan sebagai berikut : 


Semoga artikel ini bermanfaat dan nantikan artikel selanjutnya masih dalam pembahasan gelombang lebih mendalam lagi dan sisertai dengan contoh pembahasan soal. Nantikan di aulaku mapel.com