Widget HTML Atas

TRIK LOLOS DALAM UJIAN SKB CPNS 2020

Cara sukses tes SKB CPNS 2020 : 
Seleksi Calon Pegawai Negri Sipil (CONS) saat ini akan memasuki tahap yang terakhir yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Pada fase tes ini berbeda dengan tes SKD sebelumnya, setiap peserta tes tidak akan menerima soal yang sama, karena soal yang diberikan disesuaikan dengan formasi atau jabatan yang dilamar oleh CPNS.sistem penilaiannya adalah dengan mengakumulasikan nilai SKD dan SkB sesuai dengan peraturan yang telah berlaku. Nantinya, nilai yang didapat pada SKD dan SKB akan diakumulasi sesuai peraturan yang berlaku.




Untuk menghadapi Seleksi Kompentensi Bidang (SKB), para peserta harus mempersiapkan hal - hal yang akan ditemukan didalam tes agar hasilnya sukses dalam mengerjakannya. Berikut beberapa trik untuk menghadapi Seleksi Kompetensi Bidang versi aulaku mapel.com :

1. Kenali jenis jenis tes dalam SKB
Sebelum kalaian menghadapi seleksi kompetensi bidang (SKB), alangkah lebih baiknya kalaian mempersiapkan diri untuk menghadapi SKB, salah satu diantaranya kalaian harus mengetahui jenis - jenis ujian yang akan keluar di ujian SKB. Pada umumnya ada delapan jenis tes sesuai dengan peraturan Kemenpan RB Nomor 36 Tahun 2018. Adapun delapan jenis tes tersebut adalah Computer Assisted Test (CAT), tes bahasa asing, tes praktik kerja tes potensi Akademik, tes fisik, psikotes, tes kesehatan jiwa dan wawancara. Setiap peserta tes akan menghadapi ujian yang berbeda, sesuai dengan formasi yang dilamar. Namun tidak semua formasi yang tidak menghadapi ujian CAT, yaitu formasi penjaga tahanan dikementrian Hukum dan HAM, formasi ini menghadapi tes fisik dan Kesamaptaan. Dan ada juga formasi Basarnas yang mewajibkan tes keahlian berenang. Pada intinya kalaian akan menghadapi tes yang berbeda sesuai dengan formasi yang kalian lamar.

2. Pahami posisi yang dilamar 
Pastinya kalaian sudah memahami posisi atau formasi yang kalian lamar. Dengan demikian kamu bisa mencari kisi kisi soal yang akan dihadapi pada tes CAT. formasi atau jabatan CPNS umumnya dibagi menjadi dua yaitu Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan jabatab pelaksana (JP). Kalaian harus mengetahui formasi yang kalian lamar tu termasuk JFT atau JP, karena hal ini akan mempermudahkan kalian dalam pemetaan belajar mempersiapkan diri untuk ujian CAT. Adapun dianatar formasi yang masuk kategori JP  adalah petugas teknologi informatika, analis humas dan protokol, serta pranata pemadam kebakaran. Sedangkan yang termasuk kategori JFT ialah teknisi penerbangan, dokter, dan guru. Kalaian bisa mengakses website Kemenpan RB jika formasi yang kalian lamar termasuk JFT, karena dalam situs itu kalian bisa mempelajari Materi SKB karena tesnya tidak akan lepas dari perturan tersebut. Dan jika formasi yang kalian lamar termasuk kategori kategori JP, kami sangat merekomendasikan Permenpan RB Nomor 25 tahun 2016 tentang Nomenklatur Jabatan pelaksana. Karena disana kamu akan mendapatkan penjelasan secara rinci tentang tupoksi dari setiap formasi yang termasuk kategor JP, dan tentunya ini akan menjadi literasi bagi kalian saat menghadapi soal nantinya.
3.Mengetahu jadwal ujian
Seperti halanya peserta ujian sekolah biasanya kalian harus tertib dan disiplin, diusahakan satu jam sebelum tes kalian sudah berada di lokasi tes. Hal ini sangat mempengaruhi persiapan mental kalian dalam mengerjakan soal nantinya. Jadwal dan tempat kalian bisa akse di situs instansi masing masing.

4. Kuasai isu sosial dan pehami diri kalian sendir.
Pengetahuan isu isu sosial ini sangat penting buat kalian karena hal ini akan menambah wawasan kalian dalam menghadapi tes SKB, dan jangan lupa kalian harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari diri kalian karena hal ini sangat berguna saat kalian melakukan tes wawancara.

5. Membiasakan diri dengan soal secara konsisten.
Ini adalah cara supaya kalian bisa lolos dalam tes SKB nantinya, kalian harus membiasakan diri untuk latihan soal ujian SKB minimal 30 menit perhari. Kalian bisa cari refrensi soal tes CPNS di toko buku terdekat atau kalian bisa mencari contoh soal  ujian di internet.

6. Berdo'a berserah diri.
Segalanya telah kita lakukan untuk bisa lulus CPNS, sekarang yang terakhir kita harus berusaha  secara batin, berdo'a kepada yang Maha Kuasa. Dan pasrah menerima apapun hasilnya agar kita tidak terlarut dalam kegagalan.

Selamat mencoba trik jitu yang kami sajikan menurut versi aulaku mapel.com nantikan artikel selanjutnya.