Widget HTML Atas

EMPAT CARA MELAKUKAN PEMBELAJARAN DI RUMAH DI TENGAH WABAH CORONA

cara agar peserta didik belajar dirumah ditengah wabah corona :  wabah corona merupakan hal yang menakutkan bagi masyarakat diseluruh belahan dunia, kasus COVID 19 ini menjadi kasus Internasional yang menyitah perhatian dari berbagai pihak instansi pemerintahan disetiap negara. wabah corona ini pertama kali terjadi dikota Wuhan, China. hal ini menyita banyak perhatian dari berbagai negara. COVID 19 membuat negara yang ditimpahnya mengalami kelumpuhan hampir disegala lini, salah satunya adalah dibidang pendidikan, ekonomi dan lain lain.

cara agar peserta didik belajar dirumah ditengah wabah corona


di indonesia sampai saat ini kasus covid 19 mengalami peningkatan kasus yang segnifikan, hal ini membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk mengadakan menyelamatkan masyarakat untuk bekerja di rumah masing-masing, terutama didunia pendidikan, sudah banyak lembaga pendidikan mengaganti metode pembelajaran yang awalnya tatap muka didalam kelas dan hari ini melakukan pembelajaran melalui jarak jauh atau melalu internet, ini salah satu bentuk kebijakan pemerintah untuk mencegah penularan virus corna yang harus kita acungi jempol. namun disisi lain kita selaku tenaga pendidik harus memikirkan strategi yang baik supaya lebih mengena kepada sasaran. 

Berikut ini cara agar peserta didi belajar dengan efectif di rumah saat wabah corona :

  1. penjelasan situasi kepada peserta didik
sebelum lembaga pendidikan mengganti sistem pembelajaran yang selama ini kita terapakan yaitu dengan metode tatap muka didalam ruangan kelas, sebaiknya kita sebagai pendidik harus memberikan penjelasan yang mendetail kepada peserta didik tentang situasi yang terjadi di lingkungan kita, pengajar harus bisa menjelasakan tentang wabah virus corona yang sangat mudah untuk menular kepada setiap individu. dan jelaskanlah kepada peserta didik bahwa satu-satunya metode pendidikan yang paling aman untuk melakukan metode pembelajaran di tengah - tengah menyebar virus corona yaitu dengan cara belajar dirumah dengan melalui online.
   
     2. berilah penjelasan kepada para wali murid.
 hal ini sangat penting dilakukan karena tanpa bantuan dan dukungan orang tua pendidikan jarak jauh di rumah secara online tidak akan terlaksana dengan maksimal, tenaga pengajar paling tidak memberikan surat pemberitahuan kepada para wali murid tentang perubahan sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran online atau belajar dirumah, pastinya juga kita jelaskan bahwa hal ini dilakukan karena untuk mencegah penyebaran virus Corona. 

    3. komunikasi dengan orang tua siswa
hal ini bisa kita lakukan dengan cara mendata semua no handphone atau nomer telfon rumah orang tua siswa, diharapkan dengan adanya kontak person para wali murid bisa saling mengawasi peserta didik ketika melakukan metode pembelajaran dirumah. dan output dari kegiatan ini lebih jelas lagi. sehingga disini akan terjadi koordinasi yang jelas antara pihak sekolah dan orang tua siswa.
   4. Berilah jadawal yang jelas
jadwal yang jelas dan teratur akan mempermudah metode ini dijalankan dirumah,karena dengan hal ini orang tua siswa akan lebih mudah dalam mengontrol peserta didik dalam melakukan pembelajaran dari jarak jauh.

    5. Ciptakan suasana yang nyaman
hal ini lebih signifikan kepada orang tua untuk menciptakan situasi yang nyaman dirumah agar proses belajar mengajar berjalan dengan sinergi, jangan sampai menciptakan suasana belajar yang membosankan sehingga proses pembelajaran terhambat karena peserta didik merasa bosan dengan suasana.

selamat mencoba jangan sampai wabah corona menghabat untuk menimbah ilmu, nantikan artikel selanjutnya di Alaku mapel .com semoga artikel ini mempunyai manfaat.