Widget HTML Atas

Pengertian Dinamika gerak dan aplikasi disoal



Pengertian Dinamika gerak dan aplikasi disoal

PENGERTIAN DINAMIKA - menurut kamus besar Bahasa indonesia Dinamika adalah bagian ilmu fisika yang berhubungan dengan benda yang bergerak dan tenaga yang menggerakkan. Dinamika juga bisa kita artikan sebuah anilisis gerak lebih lanjut dengan menyatakan gaya yang menyebabkan gerak. Berbicara tentang gerak suatu benda tentu kita tidak akan lepas dengan yang namanya gaya,Gravitasi dan berat benda. Dalam analisis gerak dalam dinamika melibatkan 3 Hukum Newton tentang gerak yang salah satunya menyatakan bahwa gaya (f) sebanding dengan massa (m) den percepatan (a).
Macam – Macam Gaya
Didalam ilmu fisika dijelaskan bahwa gaya adalah sesuatu yang cenderung mempengaruhi keadaan gerak atau bentuk fisik suatu benda. Baik itu berupa gaya gerakan atau gaya dorongan yang menyebabkan bergeraknya suatu benda. Dalam ilmu fisika dibagi menjadi enam (6) bagian yaitu; gaya berat, gaya normal, gaya sentripental, gaya sentrifugal, gaya gesekan, gaya tegangan tali, namun dalam artikel ini kita akan fokus untuk mempelajari dua jenis gaya terlebih dahulu, yaitu gaya berat, dan gaya normal.
  1. Gaya berat
Gaya berat  adalah suatu gaya yang bekerja pada suatu benda akibat tarikan bumu atau kita kenal dengan tarikan Gravitasi Bumi. Besar gaya berat suatu benda disuatu tempat dipengaruhi besar percepatan gravitasi bumi ditempat tersebut. Variabel gaya berat adalah gravitasi( g), massa (m), gaya (w), sehingga kalau kita tuliskan secara matematis : w = m.g
 Dimana w = gaya berat atau berat benda
             g  = gravitasi bumi
             m = massa benda
contoh aplikasi soal :
  1. Berapakah gaya berat suatau benda yang bermassa 6 kg disuatu tempat dengan gaya gravitasi bumi sebesar 10 m/s2 ?
Jawab :
Diket :
                m = 6 kg
                g  = 10 m/s2
                w = …….?
W = m.g
W = (6 kg). (10 m/s2)
W = 60 kg.m/s2 atau 60 N
  1. Sebuah benda mempunyai gaya berat 20 N dan gaya gravitasi bumi 10 m/s2, maka berapakah massa benda tersebut….?
Jawab :
Diket :
                W = 20 N
                g = 10 m/s2
                m =……..?
w = m.g
20 N = m. 10 m/s2
20 N = 10 m/s2 m
m  = 20 N/ (10 m/s2)
m = 2 N. m/s2
m = 2 kg.m/s2 . m/s2
m = 2 kg
  1. Gaya normal
Gaya normal adalah sebuah gaya sentuh yang terjadi karena ada sentuhan dua permukaan  benda, dimana gaya normal kita lambangan dengan N, dan gaya berat kita notasikan w sehingga kalau kita tuliskan secara matematis : N = w  atau N – W = 0
Contoh soal :
Sebuah balok yang bertanya 100 N diletakkan diatas lantai datar. Berapa besarnya gaya normal yang bekerja pada balok apabila :
  1. Diatas balok diberi gaya tekanan P = 50 N, yang arahnya kebawah
  2. Di atas balok diberi gaya tekanan P = 50 N, yang arahnya ke atas.
Jawab.
  1. N = w + p
    = 100 + 50
   = 150 N
  1. N = w + P
N = w + (-P)
N = 100 – 50
N = 50 N