Widget HTML Atas

Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya Terbaik 2020

Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya Terbaik 2020- Bagi siswa SMA/SMK kelas XII yang mau melanjutkan studinya sudah saatnya kalian lirik lirik Perguruan Tinggi Negri khususnya.

Carilah informasi sedetil mungkin mengenai kampus yang akan kalian pilih. Jangan sampai kalian pilih kampus tanpa mengetahui informasi tentang kampus tersebut, informasi yang harus cari tahu adalah mengenai lokasi kampus, akreditasi jurusan yang kalian pilih dikampus tersebut, dan juga banyaknya jurusan yang akan kalian pilih, berikut ini beberapa daftar kampus buat reverensi kalian:

Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya Terbaik 2020:

1. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)



Kampus Institut Teknologi Sepuluh November ini beralamat di  Jalan Raya ITS, Keputih, sukolilo, Surabaya, Jawa Timur 60117. Kampus ini adalah kampus terbaik di Jawa Timur di bidang teknologi,  sejak  tanggal 7 Maret 2008 kampus ini mendapat akreditasi A dari BAN -PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).sedangkan pada tahun 2016 ITS termasuk 10 besar perguruan tinggi terbaik dari Kemenristek Dikti Indonesia. Kampus ITS ini  memiliki 10 fakultas dan 35 jurusan atau departemen, yang mewakili rumpun keilmuan sains, teknologi, seni, dan humaniora.

2. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)


Merupakan kampus negri yang berada di kota pahlawan Surabaya. Pada awal pendiriannya di 19 Desember 1964 kampus ini bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) dan kemudian berganti nama UNESA. Sejak itulah dikampus ini mempunyai 4 fakultas.

Dan hari ini UNESA memilki kampus yang berada di dua lokasi di kota Surabaya, yaitu di Ketintang dengan 4 fakultas yaitu fakultas ilmu sosial dan hukum, fakultas ekonomi, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, serta fakultas teknik. Sedangkan kampus yang berlokasi di Lidah Wetan terdiri dari 3 fakultas yakni Fakultas ilmu pendidikan, fakultas bahasa dan seni, Sera fakultas ilmu keolahragaan.

Sebagai kampus yang bersejarah dan mempunyai ribuan alumni dari berbagai jurusan ditanah air pastinya mempunyai prestasi yang ditorehnya diantaranya :

  • UKM Gulat: ditahun 2008 mendapat gelar Perunggu dalam Kejuaraan mahasiswa se-Indonesia dan meraih medali   Emas PON XVII Kaltim.
  • UKM Masase: ditahun 2011 menjuarai  PIMNAS XXIV Universitas Hasanuddin dan mendapatkan  Rekor Muri Pijat Olahraga Masal pada tahun 2013.
  • UKIM: kampus ini mempunyai  Organisasi riset mahasiswa terbaik se-Indonesia versi MITI-mahasiswa.

3. Universitas Airlangga (UNAIR)



Universitas Airlangga berdiri secara resmi  pada tahun 1954 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 57/1954 dan bertepatan dengan perayaan hari pahlawan ke 9  tepatnya pada tanggal 10 November 1954 kampus ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia. Dan pada tahun yang bersamaan berdirilah Fakultas Hukum yang pada awalnya merupakan cabang fakultas hukum dan sosial politik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sebagai kampus yang berumur lumayan tuah dikota Surabaya sudah tidak bisa dipungkiri lagi kampus ini mempunyai berbagai prestasi,diantaranya :

Juara I pada akhir tahun 2019 di acara International Exhibition of Research, Idea & Innovation on Creative and Humanizing (ie – RIICH’19) yang diselenggarakan di Malaysia.
Juara I pada lomba debat nasiaonal yang di selenggarakan di  Universitas Parahyangan

4. UPN “VETERAN” JAWA TIMUR




 sesuai dengan namanya kampus ini didirikan oleh para pejuang veteran kemerdekaan Republik Indonesia, kampus ini sebagai monumen para pejuang untuk mengembangkan pendidikan di indonesia. Dalam perjalanannya UPN “veteran” Jawa Timur beberapa kali mengalami perubahan status dan nama. Pada tahun 1959 – 1965  bernama Akademi Administrasi Perusahaan "Veteran" Cabang Surabaya. Dan Pada tahun 1968 kampus ini bernama Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) “Veteran” cabang Jawa Timur.

Pada tahun 1977 berubah nama menjadi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Cabang Jawa Timur. Pada tahun 1995 secara resmi berubah status menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Secara Oprsaional berada di bawah binaan yayasan kejuangan panglima besar Sudirman, sedang secara fungsional berda dibawah binaan Depertemen pertahanan RI.

Pada 6 Oktober 2014 UPN "Veteran" Jawa Timur kembali berubah statusnya dari PTS menjadi PTN, dimana langsung diresmikan oleh Dr. H. Sosilo Bambang Yudhoyono yang berbarengan dengan HUT TNI ke-69 di Surabaya.

Sampai saat ini kampus UPN “Veteran” Jawa Timur memiliki 7 fakultas diantaranya :

1. Fakultas Pertanian
2. Fakultas ilmu sosial dan politik
3. Fakultas Ekonomi bisnis
4. Fakultas teknik
5. Fakultas ilmu komputer
6. Fakultas arsitektur dan desain
7. Fakultas Hukum

Kampus ini juga mempunyai programkuliah  pasca serjana. skian artikel ini semoga bermanfaat. jika bermanfaat jangan lupa share.