Widget HTML Atas

Cara Memilih Pendidikan Setelah SMP Untuk Melanjutkan Ke SMA atau Ke SMK

Cara Memilih Pendidikan Setelah SMP Untuk Melanjutkan Ke SMA atau Ke SMK kebingungan untuk melanjutkan tidak hanya berlaku bagi anak SMA/SMK kelasXII saja, namun kebingungan itu berlaku juga Bagi siswa kelas IX SMP atau MTs dalam memilih sekolah tingkatan selanjutnya, ditingkatan menengah ada dua macam sekolah yang harus dipilih. Yaitu SMA( sekolah menengah atas) atau SMK ( sekolah menengah kejuruan ) ini adalah dua tingkatan sekolah menengah setalah SMP ata MTs.

Cara Memilih Pendidikan Setelah SMP Untuk Melanjutkan Ke SMA atau Ke SMK


Dari kedua tingkatan sekolah menengah tersebut mempunyai kelebihan masing – masing, tergantung dari kalian saja yang memilih jenis sekolah menengah tersebut. Sebelum kalian menentukan pilihan mari kita lihat dulu perbedaannya Anatar SMK dan SMA.

1. SMK (SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN)


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan sekolah menengah setelah SMP. Sesuai dengan namanya satuan pendidikan ini memberikan ilmu pengetahuan yang lebih spesifik pada bidang dan jurusan masing – masing. SMK lebih memperbanyak praktik daripada teoritis, hal ini karena bertujuan untuk membentuk lulusan yang memang ahli dalam bidang tertent. Disekolah SMK mempunyai bermacam – macam jurusan yang mungkin bisa kalian pilih sesuai dengan bakat dan minat kalian.

Berikut ini beberapa jurusan yang mungkin bisa menjadi refrensi kalian dalam memilih Sekolah Menebgah setelah lulus SMP. Daripada kalian penasaran dengan menu yang ditawarkan di SMK, yuk mari kita simak bidang - bidang jurusan berikut ini :

Bidang teknik dan rekayasa


Dalam bidang teknik dan rekayas mencakup 12 program keahlian dengan bebeapa jurusan disetiap program keahlian. Berikut beberapa program keahlian bidang teknik dan rekayasa:

a. Konstruksi dan Properti

Didalam bidang konstruksi dan properti terdapat beberapa jurusan diantaranya : konstruksi jalan irigasi dan jembatan, jurusan bisnis properti desain pemodelan, jurusan konstruksi jembatan dan jalan.

b. Teknik Kimia

Di Teknik kimia masih dibagi lagi menjadi beberapa konsentrasi di bidang kimia antara lain : kimia analisis, kimia industri, kimia tekstil, analisa pengujian laboratorium.

c. Teknik Perkapalan

Sebagai negara yang terbentang luas dengan gugusan kepulauan. Indonesia harus menjadi negara yang mempunyai kelebihan dibidang maritim terutamanya teknologi kemaritiman. Di teknik perkapalan ada beberapa jurusan diantaranya : konstruksi kapal non Baja, konstruksi kapal baja, teknik kelistrikan kapal,Desai dan rancang bagungunan kapal.

Bidang kemaritiman

Sesuai dengan dengan letak geografis negara Indonesia yang hampir 50% merupakan wilayah perairan yang mencakup dari Sabang sampai Merauke, sudah tidak bisa ditawar lagi untuk memperkuat dibindang kemaritiman, berdasarkan luas perairan Indonesia yang luas maka banyak membutuhkan lulusan kemaritiman. Dibidang kemaritiman di bagi menjadi 4 program keahlian dengan beberapa jurusan disetiap program keahlian, diantaranya :

a. Pelayaran Kapal Penangkap Ikan

Didalam program keahlian ada dua jurusan yaitu Nautika Kapal Penangkap Ikan ( NKPI ), dan Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI).

b. Pelayaran Kapal Niaga

Di program keahlian  kapal Niaga dibagi menjadi dua jurusan yaitu : Nautika Kapal Niaga, dan Teknika Kapal Niaga.

c. Perikanan

Diprogram Perikanan menyediakan 5 jurusan diantaranya : agribisnis perikana air tawar, agribisnis perairan air payau dan laut, agribisnis ikan hias, industri perikanan laut, agribisnis rumput laut.

d. Pengolahan Hasil Perikanan

Diprogram pengolahan hasil perikanan mempunyai satu jurusan yaitu Agribisnis  pengolahan hasil perikanan.

Teknologi Informasi dan Komunikasi


Program keahlian informasi dan komunikasi di bagi menjadi dua program keahlian dan beberapa jurusan di setiap program.berikut beberapa program dan jurusannya masing – masing:

a.Teknik Komputer dan Informatika

Teknik komputer dan informatika mempunyai empat jurusan yaitu: rekayasa perangkat lunak, teknik komputer jaringan, multimedia, sistem informatika, jaringan, dan aplikasi.

b.Teknik Telekomunikasi

Teknik Telekomunikasi dibagi menjadi dua jurusan yaitu : Teknik Transmisi Telekomunikasi, dan Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi.

Demikian ulasan tentang SMK, uraian program keahlian di atas hanya beberapa saja dari sekitar 12 bidang keahlian SMK yang ada di Indonesia.

2. Sekolah Menengah Atas (SMA).


Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan jenjang pendidikan setelah SMP ( sederajat). Sekolah menengah Atas (SMA) menfokuskan diri dibidang ilmu pengetahuan Umum, yang mempelajari berbagai bidang ilmu, di SMA akan mendidik anak menjadi calon ilmuan karena dalam realitanya SMA lebih domenan dibadang penguasaan materi atau teori dari beberapa ilmu dibandingkan dengan anak SMK. Di SMA sendiri juga dibagi menjadi tiga jurusan diantaranya :

a. Jurusan IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam)

Jurusan ini mempelajari secara umum pelajaran ilmu pengetahuan alam, diantaranya: Biologi,kimia,fisika. Dan matematika yang lebih menjurus ke bidang ilmu pengetahuan alam.

b. Jurusan IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial)

Jurusan IPS fokusnya terhadap mata pelajaran ilmu sosial dan humaniora. Dimana pelajaran yang lebih spesifik adlaha Ekonomi,geografi,sejarah sosiologi dan antropologi. Adapun pelajaran wajib masih tetap ada seperti Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

c. Jurusan Bahasa.

Jurusan ini terfokus kepada mata pelajaran bahasa dan sastra. Seperti bahasa Indonesia dan sastra indonesia dan juga ada beberapa bahasa asing yang menjadi mata pelajaran wajib.

Inilah perbedaan antara SMK dan SMK, sekarang tergantung kalian mau melanjutkan kemana. Kedua tingkatan pendidikan sama-sama mempunyai kelebihan masing – masing. Semoga informasi ini memudahkan kalian untuk menentukan pilihan dalam melanjutkan pendidikan menengah. Jangan lewatkan artikel selanjutnya di aulaku mapel.com sampai jumpa di artikel selanjutnya...salam sukses buat kalian semua.