Widget HTML Atas

Cara Membuat Hand Sanitizer Secara Mandiri Untuk Mencengah Virus Corona ( Covid-19) Sesuai Panduan WHO

Panduan membuat hand sanitizer menurut WHO untuk mencengah Virus Corona (Covid-19) -Merebaknya virus Corona (COVID -19) Yang hari ini menjadi pandemi baru didunia Internasional. Hal ini membuat kecemasan yang mendalam bagi masyarakat dibelahan dunia, kasus ini bermula dari kota Wuhan salah satu Kota di Negeri Tirai Bambu. Dan hari ini kasus Virus Corona sudah sampai di indonesia, tentu hal ini membuat rasa cemas dan takut bagi masyarakat Indonesia. Dampak dari mulai menyebarnya virus Corona ini membuat beberapa kebutuhan yang berkaitan dengan upaya pencegahan Virus Corana mengalami kelangkahan, diantaranya hand sanitizer, masker, dll.



Hari ini yang paling susah didapatkan di Indonesia adalah Hand sanitizer, entah apa faktor utamanya sehingga apakah produsen Hand sanitizer mengurangi jumlah produksinya ataukah beberapa oknom yang sengaja menimbun Hand sanitizer untuk dijual dengan harga mahal ketiga waktu – waktu genting? Akibat dari kelangkahan barang ini membuat beberapa masyarakat mencari tahu bagaimana membuat hand sanitizer yang benar dan sehat.

Pada dasarnya Organisasi Kesehatan Dunia  (WHO) dalam menangani kasus kelangkaan hand sanitizer WHO sudah mempunyai panduan resmi yang dipublikasikan kepada masyarakat di seluruh belahan dunia untuk membuat cairan pembersih tangan.tentunya ini pastinya sangat bermanfaat pada saat seperti ini. Tetapi panduan pembuatan cairan pembersih tangan ini lebih diutamakan kepada masyarakat atau populasi yang tidak memiliki akses air bersih.hand sanitizer ini adalah opsi kedua setelah tidak ada air bersih.

Nah bagi kita yang tidak kebagian untuk membeli hand sanitizer yang praktis, jangan khawatir karena kita bisa membuat sendiri di rumah dengan mengacu kepada panduan dari WHO.

Berikut catatan panduan dari WHO cara membuat cairan pembersih tangan.

Formula I:

Sediakan :


  • Etanol (etil alkohol) 96%:
  • Hidrogen peroksida 3%:
  • Gliserol 98%:
  • Formula II:
  • Isopropil alkohol 99,8%:
  • Hidrogen peroksida 3%:
  • Gliserol 98%:
  • Alat – alat yang digunakan:
  • Gelas ukur
  • Labu reaksi
  • Botol

Cara Pembuatan Hand Sanitizer Untuk Mencengah Corona:

Pertama takarlah alkohol kedalam gelas ukur sesuai dengan volume yang kita butuhkan, kemudian dimasukkan kedalam tabung reaksi dan ditutup agar alkoholnya tidak menguap.

Kemudia hidrogen peroksida dituang terlebih dahulu kedalam gelas ukur sesuai volume yang kita butuhkan dan langsung dicampurkan dengan alkohol yang ada ditabung reaksi.

Kemudian kita masukkan gleserin dengan konsentrasi sangat lengket dan kental, pastikan gelserin tidak tertinggal didalam gelas ukur, untuk menghindari menempelnya gleserin didalam gelas ukur kita bisa membilasnya dengan air aquades.

Setelah semua bahan damasukkan kedalam labu reaksi lalu kita tambahkan air aquades sesuai dengan kebutuhan kiata, dan kemudian labu reaksi ditutup agar alkohol tidak menguap.

Kemudian kiat kocok secara berlahan labu reaksi tersebut, agar ketiga bahan yang kita masukkan bisa bercampur secara homogen.

Setelah semua bahan sudah larut atau bercampur secara homogen sempurnah, kita tuangkan kedalam botol penampungan bahan jadi, botolnya sesuaikan dengan kebutuhan.

Selanjutnya seterilkan botol yang telah terisi luratan tiga bahan tadi selama 72 jam agar tidak terkontaminasi dari bakteri.

Setelah itu hand sanitizer siap digunakan.

Catatan :

bahan - bahan yang kita gunakan diatas merupakan bahan yang mudah terbakar, jadi ketika melakukan peraktik diusahakan menjauh dari api atau tidak boleh bawah korek saat melakukan praktik. untuk bahan baku Hidrogen peroksida kita gunakan sebagai oksidator dan juga sebagai zat yang berguna untuk anti bakteri seperti halnya dengan alkohol.

Gliserin disini berfungsi untuk memudahkan alkohol diaplikasikan pada kulit, sehingga tidak ada iritasi kulit karena alkohol. selain itu gleserin berguna untuk melembabkan kulit.

selamat mencoba dirumah salam mandiri untuk mencegah penularan virus Corona (COVID -19), terus ikuti artikel - artikel selanjutnya di Aulaku Mapel.Com