Widget HTML Atas

Cara cek hasil tes SKD Provinsi Jawa Timur dan tahapan selanjutnya

Pengumuman hasil Seleksi Kompetensii Dasar (SKD), pengumuman ini akan dilaksanakan selama dua hari terhitung dari hari minggu (22/3/2020) hingga 23/3/2020. Bagi peserta yang telah lulus taha SKD ini akan melaju ketahap seleksi selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).



Menurut penuturan Pelaksana Tugas (Plt) kepala Biro Badan Kepegawaian Negara (BKN) Prayono mengatakan dalam jumpa pers bahwa hasil SKD tidak akan diumumkan pada laman resmi SSCN sebagaiman pengumuman hasil seleksi admistrasi kemarin, pengumuman hasil SKD  diserahkan kepada instansi masing - masing untuk memberikan pengumuman kepada peserta yang telah lolos SKD, bahkan BKN telah meminta kepada instansi untuk mempersiapkan pengumuman hasil SKD yang akan dilaksanakan secara serentak kepada para pelamar dengan melalui laman resmi website atau media sosial instansi masing masing.
Paryono menegaskan, hasil SKD tidak akan ditampilkan pada laman SSCN seperti halnya saat pengumuman hasil seleksi administrasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Badan Kepegawaian Negara (BKN) Menghimbau kepada pelamar supaya tidak terburu buru dalam mengecek hasil SKD sehingga tidak menyebabkan error' pada laman intasnsi yang diikuti oleh para pelamar. Beliau juga mengungkapkan bahwa pengumuman hasil SKD tidak hanya ditampilkan selama 1-2 hari saja, melainkan akan ditampilkan dalam waktu yang lama. Sehingga para pelamar dapat melihat informasi pelamar yang lolos SKD kapan saja.

Selain itu Paryono menghimbau kepada para pelamar yang telah dinyatakan lulus dan melanjut ke tahapa selanjutnya atau SKB supaya tetap update informasi terbaru website/media sosial instansi masing masing, untuk mengetahui jadwal akan dilaksanakannya SKB, paslaanya pelaksanaan SKB dalam status penundaan sampai waktu yang akan ditentukan oleh panitia seleksi Nasional (Panselnas).penundaan ini tentunya berkaitan dengan wabah yang sedang menyerang Indonesia yakni covid19.

Terkait dengan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang merupakan tahap selanjutnya pelaksanaan SKD. Adapun mereka yang berhak untuk mengikuti tahap SKB adalah pelamar yang telah dinyatakan lolos Passaing Grade dan perangkingan. Dimana jumlah mereka yang mengikuti SKB adalah jumlah kebutuhan formasi dikalikan tiga.sedangkan untuk para instansi yang melaksanakan SKB di instansinya wajib menggunakan CAT.

Hal yang berbeda bagi instansi pusat yang melaksanakan SKB dengan Sistem CAT dapat menggunakan paling sedikit 2 jenis tes lain.  Adapun pelaksanaan dan materi SKB di instansi pusat selain menggunakan sistem CAT, dapat dilakukan dengan berupa sebagai berikut :
Tes potensi secara akademik, tes praktik kerja, tes bahasa asing, kesamaptaan psikotes atau tes fisik, wawancara atau tes kesehatan. Sedangkan untuk jabatan yang bersifat teknis atau keahlian khusus. Instasi daerah bisa melaksanakan SKB dalam bentuk tes Praktik Kerja langsung. Selain itu instansi daerah hanya diberi penambahan 1 jenis tes yang selain SKB dengan CAT dan memberikan sekor paling tinggi 40% dari total nilai hasil SKB. Sehingga bobot nilai CAT dan SKB total 60% dari total nilai SKB. Segera cek SKD anda di laman Instansi masing masing untuk mempersiapkan tahap selanjutnya. Nantikan artikel selanjutnya di Aulaku mapel.com semoga anda sukses dalam tes selanjutnya.